Jenis - Jenis Bunga Melati : Bunga Yang Disukai Wanita

Sering mendengar kata melati nan harum baunya ? sesuai dengan hal tersebut, bunga melati memang harum baunya semerbak hingga menusuk hidung. Bunga melati banyak kita temui di alam liar terutama di daerah pedesaan.

Klasifikasi ilmiah :
Kerajaan    Plantae
Divisi          Magnoliophyta
Kelas          Magnoliopsida
Ordo          Lamiales
Famili         Oleaceae
Genus        Jasminum

Gambaran singkat Bunga Melati


Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae).

Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini juga digunakan sebagai hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda.

Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Melati memiliki nama tersendiri diberbagai daerah diantaranya : Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar).

Bunga melati berwarna putih dan mengeluarkan aroma wangi,berbentuk majemuk, ibu tangkai bunga yang keluar dari ketiak daun. Susunan bunganya menyirip dan berhadapan, pada 7 mahkota berlapis-lapis ini akan berbentuk datar sehingga pada bunga jenis ini tidak ditemukan kelopak bunga.

Khasiat Bunga Melati


Bunga Melati dapat digunakan sebagai obat, khususnya terapi. Beberapa khasiat yang dimiliki bunga Melati antara lain :

Menghilangkan bau badan,Mengatasi sakit kepala, Menghilangkan stress dan ketengangan, Meningkatkan fungsi pencernaan, Memiliki sifat antiseptik (mengobati infeksi kulit), dapat menyembuhkan radang usus.

Untuk penggunaan Bunga Melai sebagai obat, lebih baik menghubungi pihak yang mengerti dan faham betul mengenai khasiat terapi Bunga Melati.

Jenis - Jenis Bunga Melati


1. Melati Putih (Jasminum Sambac)


Melati putih atau Jasminum sambac adalah spesies melati yang berasal dari Asia selatan (di India, Myanmar dan Sri Lanka. Penyebaranya dimulai dari Hindustan ke Indocina, lalu Kepulauan Melayu. Bunga ini menjadi satu dari tiga bunga nasional Indonesia (sebagai "Puspa Bangsa"). Bunga ini juga menjadi bunga nasional Filipina.

Melati Putih
Gambar : pixabay.com

Melati putih tumbuh di pekarangan dan dapat digunakan sebagai tanaman pagar. Ketinggiannya dapat mencapai 2 meter.

2. Melati Bintang


Melati yang satu ini diberi nama sesuai dengan bentuk mahkotanya. Lihat saja bentuknya yang mirip dengan bintang yang sedang bersinar. Warna putihnya seperti cahaya bintang di atas lagit malam.

Melati Bintang
Gambar : pixabay.com

Khusus untuk jenis melati yang satu ini hanya diperuntukkan sebagai hiasan saja. Sehngga tidak seperti melati putih yang bisa dipakai sebagai campuran teh. Melati bintang tumbuh dengan batang yang kuat dan dapat berkembang sampai besar.

3. Melati Gambir


Melati gambir sekilas sangat mirip dengan bunga kamboja putih, namun sebenarnya jauh berbeda. Dilihat dari pohonnya saja sudah beda, apalagi dari daunnya. Namun memang kalau dilihat dari bunganya mungkin akan terlihat sama dari kejauhan.

Melati Gambir

Melati gambir punya bau yang harum serta pohon yang lebat. Setiap pucuknya tumbuh bunga yang berukuran cukup besar. Biasanya jenis ini ditanam sebagai tanaman hias bunga untuk halaman dan taman. Jarang yang ditaruh di pot atau vas, karena ukurannya yang bisa besar.

4. Melati Raja


Jenis yang satu ini adalah jenis terbesar dari keluarga melati. Bunganya bisa tumbuh dalam ukuran yang besar dan sangat penuh dengan mahkota. Sehingga dinamakan sebagai melati raja karena mahkota bunganya yang banyak itu.

Melati Raja
Gambar : satujam.com

Pohon dari melati raja dapat tumbuh besar dan merimbun. Sehingga hanya cocok jika ditanam di lahan luas. Meski ukurannya sangat besar, melati raja punya bau harum dan warna yang cantik. Sehingga sangat sayang jika tidak menanamnya di halaman rumah.

5. Melati Jepang


Melati yang satu ini juga salah satu favorit dari sekian banyak keluarga melati. Melati jepang punya pohon yang tergolong kecil dan bunga yang berukuran hampir sama dengan melati putih. Namun ada yang berbeda dari melati jenis ini. Perbedaan itu terletak di warna bunganya yang berwarna putih denga bagian ungu di tengahnya.

Melati Jepang
Gambar : satujam.com

Meskipun warnanya cantik dan menggemaskan, namun baunya tidak begitu muncul. Sehingga sangat jarang orang tertarik pada baunya dibandingkan warnanya. Biasannya jeis yang satu ini ditanam di dalam pot atau vas bunga. Bisa ditaruh di luar atau di dalam ruangan yang terkena cahaya.

6. Melati Kuning


Bunga melati yang satu ini sangat mirip dengan melati putih, hanya saja warnanya kuning. Baunya tidak begitu muncul namun warnanya cukup eksotis. Pohonnya juga kokoh dan dapat tumbuh rimbun.

Melati Kuning
Gambar : satujam.com

Khusus untuk jenis yang satu ini bisa ditanam baik di lahan luas maupun di dalam pot atau vas. Sehingga memungkinkan untuk ditaruh dimana saja sesuai kehendak kita. Namun pastikan juga rutin untuk mendapatkan cahaya matahari agar dapat berfotosintesis.

Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Melati
  2. http://www.satujam.com/bunga-melati/

0 komentar