9+1 Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada

Sembilan plus satu Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada - Jersey merupakan salah satu atribut kebanggaan sebuah klub sepak bola dan suporter fanatiknya. Jersey inilah yang membedakan antara klub sepak bola yang satu dan yang lainya dan biasanya setiap klub sepak bola memiliki lebih dari satu jenis Jersey atau kostum.

Setiap klub sepak bola akan membuat design Jersey tim kesebelasan dengan motif, warna dan model yang dapat membedakan mereka dari tim kesebelasan yang lain, tentu saja tidak boleh melanggar peraturan FIFA akan pembuatan sebuah Jersey.

Fungsi Jersey Secara Umum


Fungsi Jersey di lapangan adalah untuk membedakan dua kesebelasan yang sedang bertanding sehingga tidak membingungkan wasit, penonton dan antar pemain dalam pertandingan tersebut. Kombinasi warna, model dan motif jersey tersebut akan menjadi khas dari setiap tim kesebelasan. Itulah fungsi Jersey dalam pertandingan sepak bola.

Tidak hanya di dalam lapangan, di luar lapangan pun Jersey akan membedakan antar suporter klub sepak bola. Namun sayang, fanatik yang berlebihan dari suporter klub sepak bola dapat mengakibatkan pertentangan yang dapat merugikan pengguna Jersey klub tertentu yang dianggap musuh oleh pengguna Jersey klub sepak bola lainnya.

Namun, keberadaan Jersey atau kostum ini memang penting dalam sebuah pertandingan untuk kelancaran pertandingan tersebut.

Jersey Unik Yang Pernah Ada


Banyaknya tim sepak bola yang ada di seluruh penjuru dunia membuat mereka berlomba-lomba dalam membuat model Jersey yang lain daripada lainnya. Hal ini dilakukan untuk membedakan antar klub sepak bola yang supaya mereka mempunyai ciri khas tersendiri dalam hal Jersey tim.

Namun, seringkali klub sepak bola tersebut mengindahkan peraturan FIFA akan model, warna dan jenis Jersey tim yang diijinkan. Tentu saja hal ini menjadi hal yang menarik bagi pengoleksi Jersey Yang dianggap Unik oleh para pecinta bola.

1. Jersey Tim Nasional Kamerun


Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada
Gambar dari bintang.com

Ini sepak bola ya bukan bola basket!!! Mungkin ungkapan ini tepat ditujukan bagi tim nasional Kamerun pada piala dunia tahun 2002. Mereka memakai kostum tanpa lengan dan tentu saja FIFA memperingatkan agar tim nasional Kamerun tidak memakai Jersey seperti itu lagi.

2.  Jersey Abu-Abu Manchester United


Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada
Gambar dari bintang.com
 Jersey ini dapat dikategorikan unik dengan motif design yang tidak seperti kebanyakan Jersey tim sepak bola lainnya dan warna abu-abu yang terkesan menyamarkan atau dengan kata lain sulit membedakan mana lawan dan mana kawan. Jersey ini tidak lama digunakan karena tim Manchester United kesulitan dalam membedakan rekan satu timnya dengan tim lawan.

3. Jersey Warna-Warni Kiper Tim Nasional Inggris (David Seaman)


Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada
Gambar dari bintang.com

Terlihat lucu dan unik melihat Jersey buatan Umbro untuk kiper tim nasional Inggris ini. David Seaman terlihat seperti bukan pemain bola sungguhan, seperti sedang menayangkan sebuah iklan saja.

4. Jersey Arsenal (1991)


Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada
Gambar dari bintang.com

Tim liga Inggris yang memilki julukan meriam London ini juga pernah membuat Jersey yang cukup unik. Meskipun bukan salah satu Jersey terbaik Arsenal, namun Jersey yang memiliki nama Airbus ini laris manis di pasaran dan banyak penggemar Arsenal yang meminati Jersey unik ini.

5. Jersey Kiper Meksiko Jorge Campos


Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada
Gambar dari crapkits.wordpress.com

Saat membela negaranya di piala dunia (1994 dan 1998), Jorge Campos mengenakan Jersey dengan design yang terlihat unik. Warna-warni yang terdapat di Jersey tersebut membuat para suporter dan penonton pertandingan terhibur dengan aksinya yang memukau di bawah mistar gawang serta nyentriknya kostum yang dipakai Jorge Campos.

6. Jersey Tim Nasional Kroasia ( 1996 )


Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada
Gambar dari uefa.com

Masih ingat piala Eropa tahun 1996 di Inggris? Kroasia merupakan salah satu tim kuda hitam yang memiliki kekompakan tim yang solid dan tidak mudah untuk dikalahkan oleh lawan. Mereka memakai Jersey kotak-kotak dengan warna merah dan putih yang merupakan khas tim nasional Kroasia. Jersey ini sangat menarik perhatian suporter Kroasia bahkan penonton sepak bola di seluruh dunia.

7.  Jersey Glasgow Celtic ( 1967 )


Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada
Gambar dari goal.com

Seperti kita ketahui, klub sepak bola Glasgow Celtic memiliki Jersey yang unik dengan motif seperti badan zebra ( belang-belang ) dengan warna hijau - putih yang menjadi khas tim Glasgow Celtic. Pada tahun 1967, Celtic memakai kostum tanpa nomor punggung di kejuaraan liga champion Eropa . Nomor ditempatkan di celana pemain saja hingga akhirnya UEFA meminta pihak Celtic untuk memasang nomor di punggung mereka.

8. Bilbao ( 2004 - 2005 )


Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada
Gambar dari bintang.com

Kostum yang mereka pakai memiliki motif seperti darah yang berceceran. Sangat kreatif design yang mereka gunakan, namun sayangnya kurang cocok untuk diterapkan sebagai kostum tim sepak bola.

9. Norwich ( 1993 )


Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada
Gambar dari bintang.com

Ini adalah Jersey dengan motif yang sangat unik. Norwich memakai Jersey ini di kejuaraan Europe Leage. Dengan menggunakan kostum yang nyentrik ini, Norwich berhasil mengecoh perhatian lawan karena motifnya yang tidak enak dilihat. Pemain Inter Milan dan Bayern Munchen pun dibuat resah dengan Jersey ini.

10. Sriwijaya FC ( Indonesia )


Jersey Bola Unik Yang Pernah Ada
Gambar dari profilbintang.blogspot.com

Dari dalam negeri sendiri, ternyata ada yang menarik perhatian saya di kostum tim sepak bola Sriwijaya FC. Mereka memasukan motif batik di bagian lengan kostum kebanggannya. Sangat kreatif dalam mengembangkan salah satu aset milik bangsa Indonesia yaitu batik.

Baca Juga 10 Design Kaos Dengan Model Yang Unik dan Menarik

Penutup


Banyak Jersey klub sepak bola yang unik dan mendapat perhatian para penggemarnya. Bahkan mereka rela menggorbankan waktu dan uang untuk mendapatkan Jersey dari tim kesayangan. Memang sepak bola merupakan olah raga yang paling populer di dunia. Klub sepak bola yang besar akan memiliki suporter dan fans fanatik di seluruh penjuru dunia dan sebagain dari mereka mungkin adalah pengoleksi Jersey - Jersey unik klub tersebut.

Referensi :

  1. http://www.bintang.com/lifestyle/read/2239390/10-jersey-terburuk-salah-satunya-punya-chelsea
  2. https://allabout10.wordpress.com/2010/03/03/10-seragam-bola-paling-legendaris/

0 komentar