5 Bintang Paling Dekat Dengan Bumi Selain Matahari

Bintang merupakan salah satu benda angkasa yang sering kita lihat di malam hari. Gemerlap bintang dapat kita nikmati ketika langit cerah dengan jumlah yang sangat banyak. Bintang menjadi salah satu benda yang menghias angkasa raya dan anda pasti sudah sangat mengenalnya.

Bintang sering digambarkan dalam bentuk yang indah dan berkelas. Bintang juga sering dijadikan simbol khusus terutama dalam bidang prestasi atau tingkatan tertentu. Sebut saja, bintang kelas, bintang filem, bintang tamu, dll.

Mungkin karena bintang merupakan salah satu benda luar biasa yang terdapat di alam ini sehingga banyak yang menggunakannya sebagai simbol atau sebutan khusus untuk orang-orang spesial yang memiliki prestasi tertentu. Selain itu, bintang juga sering digunakan sebagai nama orang. Yang pasti, bintang banyak digunakan dalam hal atau sesuatu yang baik.

Pengertian Bintang 


Terdapat dua istilah bintang yaitu Bintang nyata dan Bintang semu. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri, sedangkan Bintang Semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya dari bintang lain.

Secara umum, Bintang dapat kita artikan sebagai objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).

5 Bintang Paling Dekat Dengan Bumi Selain Matahari


Mari kita lihat bintang apa saja yang dapat kita lihat dan terletak paling dekat dengan bumi. Ada banyak sekali bintang yang ada di jagad raya ini, saya akan sedikit menguraikan mengenai 5 bintang yang paling dekat dengan bumi.

Bumi sendiri merupakan planet yang kita tinggali, bintang paling dekat dengan bumi yaitu Matahari. Ya, matahari adalah bintang yang memiliki jarak paling dekat dengan planet bumi, kita dapat melihat Matahari secara langsung tanpa perlu bantuan alat teleskop, setiap harinya pada siang hari. Pada malam hari, Matahari tidak dapat dilihat digantikan dengan bintang yang lainnya.

Sekarang anda sudah tahu bintang yang paling dekat dengan Bumi yaitu Matahari

Selain Matahari, masih banyak bintang yang letaknya dekat dengan bumi. Ada yang dapat kita lihat dengan mata telanjang, ada pula yang redup dan sulit untuk dilihat.

1. Bintang Proxima Centauri


5 Bintang Paling Dekat Dengan Bumi Selain Matahari
Sumber Gambar : commons.wikimedia.org

Proxima Centauri merupakan salah satu dari kesatuan 3 sistem bintang yang disebut Alpha Centauri. Bintang ini memiliki jarak ke bumi sekitar 4,2 tahun cahaya (3,97×1013 km) dan merupakan bintang paling dekat dengan Bumi setelah Matahari.

Meskipun letaknya dekat dengan bumi namun, bintang ini sulit dilihat dengan mata telanjang karena ukurannya yang kecil. Proxima Centauri memiliki ukuran 0,12 kali Matahari atau 1,5 kali ukuran planet Yupiter.

Kita dapat melihat bintang Proxima Centauri sebagai sebuah titik kecil di bagian selatan. Bintang ini pertama kali ditemukan oleh Robert Innes, Direktur Observatorium Union di Afrika Selatan pada tahun 1915. Proxima Centauri termasuk jenis bintang Katai Merah dan masuk dalam rasi bintang Centaurus.

2. Bintang Alpha Centauri


5 Bintang Paling Dekat Dengan Bumi Selain Matahari
Sumber Gambar : commons.wikimedia.org

Tidak jauh berbeda dengan Proxima Centauri, Alpha Centauri memiliki jarak dari bumi sekitar 4,2 tahun cahaya. Bintang ini terdiri dari Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B, masuk ke dalam kesatuan 3 sistem bintang bersama Proxima Centauri.

Alpha Centauri merupakan sistem bintang yang paling dekat dengan bumi. Alpha Centauri juga disebut sebagai Rigil Kentaurus, Rigil Kent, atau Tollman.

Alpha Centauri dapat dilihat dengan mata telanjang, dengan magnetudo -0.27 bintang ini tampak sebagai bintang tunggal di langit malam. Namun, masih kalah terang dengan Sirius dan Canopus.

3. Bintang Barnard


5 Bintang Paling Dekat Dengan Bumi Selain Matahari
Sumber Gambar : id.wikipedia.org

Ditemukan pertama kalinya oleh seorang ilmuwan yang bernama E.E Barnard pada tahun 1916. Barnard merupakan bintang terdekat kedua setelah sistem bintang Alpha Centauri. Bintang Barnard berada dalam rasi bintang Ophiuchus, bintang ini memiliki jarak sekitar 5,9 tahun cahaya dari bumi. Bintang Barnard termasuk jenis bintang Katai Merah.

Bintang Barnard memiliki ukuran massa sekitar 0.14 kali massa Matahari dengan radius sekira 15% sampai 20% Matahari. Jadi, meskipun Bintang Barnard memiliki massa sekitar 150 kali massa Jupiter, radiusnya hanya 1,5 sampai 2 kali Jupiter. Hal ini terjadi karena Barnard memiliki kepadatan massa yang tinggi.

Bintang Barnard begitu redup, jika jaraknya sama dengan Matahari ke Bumi, hanya akan terlihat 100 kali lebih terang dari bulan purnama. Suhu efektifnya adalah 3.100 kelvin, dan memiliki luminositas visual 0,0004 kali dari luminositas matahari.

4. Bintang Wolf 359


5 Bintang Paling Dekat Dengan Bumi Selain Matahari
Sumber Gambar : nl.wikipedia.org

Bintang Wolf 359 memiliki jarak sekitar 7,8 tahun cahaya dengan bumi. Bintang ini termasuk jenis bintang katai merah dan terletak pada konsentrasi Leo. Menurut diagram Hertzsprung-Russell, Wolf 359 memiliki ukuran sekitar 10% dari Matahari dengan suhu yang relatif dingin.

Bintang Wolf 359 memiliki Magnitudo tampak sebesar 13,5 dan kita tidak dapat melihat bintang ini dengan mata telanjang, kita memerlukan bantuan alat teleskop untuk dapat melihat Wolf 359 dengan jelas. Bintang ini juga memilih cahaya yang redup. Pada lapisan cahaya fotosfer, bintang ini hanya memiliki suhu sekitar 2.800 K, suhu yang cukup rendah untuk pembentukan senyawa kimia dan bertahan hidup.

5. Sirius


5 Bintang Paling Dekat Dengan Bumi Selain Matahari
Sumber Gambar : commons.wikimedia.org

Sirius masuk dalam jenis bintang katai putih dengan jarak sekitar 8,6 tahun cahaya dari planet Bumi. Bintang ini berukuran kecil namun memiliki panas yang tinggi. Panasa cahaya pada bintang Sirius lama kelamaan akan redup dan mati.

Sirius merupakan bintang paling terang di malam hari dengan magnetudo tampak -1.47, bila anda sering mengamati langit di malam hari, anda akan dapat melihat bintang ini. Bintang Sirius sudah sangat terkenal di kalangan pecinta dan pengamat tata surya.

Sirius terletak di rasi Canis Mayor dan merupakan sistem bintang ganda dengan komponen primer bintang deret utama kelas A dan komponen sekunder sebuah katai putih. Saat terbaik untuk dapat melihat bintang ini adalah sekitar tanggal 1 Januari, di mana dia mencapai meridian pada tengah malam.

Demikian mengenai Bintang Yang Letaknya Paling Dekat Dengan Bumi, semoga bermanfaat.

Referensi:
  1. https://ilmugeografi.com/astronomi/bintang-terdekat-dengan-bumi-selain-matahari
  2. https://astronesia.blogspot.co.id/2013/01/5-bintang-yang-paling-dekat-dengan-bumi.html
  3. wikipedia.org

0 komentar