5 Manfaat Berkunjung Ke Museum Bagi Semua Orang

Mungkin anda jarang berkunjung ke Museum atau anda belum pernah sama sekali ke Museum. Padahal, banyak sekali manfaatnya bila kita mengunjungi Museum apapun jenis Museum tersebut. Museum tidak hanya untuk anak-anak atau siswa sekolah saja, masyarakat umum juga dapat mengambil banyak manfaat dari sebuah Museum.

Ada banyak sekali jenis Museum yang bisa kita temukan di wilayah tempat tinggal kita masing-masing. Apalagi di kota-kota besar, anda dapat menemukan berbagai Museum yang bisa anda kunjungi di saat-saat liburan atau waktu senggang. Anda dapat datang ke Museum bersama keluarga, teman, saudara atau sendirian juga tidak masalah. Disana anda dapat berinteraksi dengan petugas Museum dan pengunjung Museum lainnya.

5 Manfaat Berkunjung Ke Museum Bagi Semua Orang
Museum Nasional | Sumber Gambar : id.wikipedia.org

Pengertian Museum


Diambil dari id.wikipedia.org, Museum adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan.

Di Indonesia, Museum yang pertama kali di bangun adalah Museum Radya Pustaka di Kota Surakarta (Solo) Jawa Tengah.  Sementara itu, Museum yang terkenal karena koleksinya yang super lengkap yaitu Museum Nasional (Museum Gajah) yang terletak di Jakarta.

5 Manfaat Berkunjung Ke Museum Bagi Semua Orang


Bila anda ingin belajar dari objek visual yang lengkap, anda dapat mengunjungi Museum untuk mengenal dan memahami setiap objek benda beserta sejarah dan nilainya. Museum memang berisi benda-benda khusus yang dikoleksi untuk kebutuhan masyarakat.

Anda dapat berkunjung ke Museum untuk belajar berbagai benda bersejarah atau sekedar mengenal benda-benda tersebut juga tidak masalah. Anda akan sedikit terhibur ketika berada di Museum dengan melihat koleksi benda yang ada di Museum tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita ambil saat mengunjungi Museum :

1. Menambah Pengetahuan Dan Wawasan

Museum sebagai tempat menyimpan berbagai koleksi benda-benda menarik, baik itu benda bersejarah maupun benda unik, tentu akan menambah pengetahuan dan wawasan kita akan benda-benda tersebut.

Tidak hanya itu saja, kita juga dapat mengenal benda-benda tersebut secara lebih dalam. Kita dapat menanyakan kepada petugas museum perihal benda-benda yang ada di dalam museum. Kita dapat secara lebih spesifik mengunjungi museum yang khusus mengoleksi benda-benda tertentu. Misalnya : Museum Konferensi Asia Afrika, Museum Geologi, Museum Bank Indonesia, Museum Kartun dll.

2. Berinteraksi Dengan Orang Lain

Museum juga dapat kita jadikan sebagai tempat untuk berinteraksi dengan orang lain. Di dalam museum tersebut anda akan menjumpai petugas museum dan pengunjung museum. Anda dapat berinteraksi dengan petugas museum untuk menanyakan berbagai hal seputar museum atau benda-benda yang ada di dalam museum.

Selain itu, anda juga dapat berinteraksi dengan pengunjung museum lainnya untuk saling mengenal antara satu dengan lainnya. Mungkin saja anda akan menemukan pengunjung museum yang anda sukai dan cocok dengan diri anda. Karena, biasanya pengunjung museum memiliki hobi dan tujuan yang sama.

3. Memberikan Nuansa Berbeda

Apa si yang berbeda antara museum dengan tempat lainnya? Jelas berbeda, karena, museum memiliki koleksi benda-benda yang unik dan menarik. Anda mungkin tidak menemukan benda-benda tersebut di tempat lainnya.

Suasana di dalam museum juga berbeda dengan tempat-tempat lainnya. Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang tidak biasanya anda temukan di tempat lain. Nuansa yang berbeda jelas terlihat di museum dan mungkin anda akan menyukai suasanya di dalam museum.

4. Menghibur dan Rekreasi

Manfaat lain yang bisa kita peroleh di museum yaitu sebagai tempat rekreasi sekaligus penghibur. Anda yang sering melakukan aktivitas traveling (bepergian) mungkin jenuh karena terlalu sering mengunjungi tempat-tempat wisata yang umum dikunjungi oleh masyarakat.

Anda dapat mencoba berkunjung ke museum, siapa tahu anda akan suka dengan suasana yang ada di dalam museum dan dapat menghibur anda. Selain menambah wawasan, museum dapat anda jadikan sebagai salah satu tujuan wisata atau rekreasi. Anda dapat mengunjungi museum yang sesuai dengan selera anda masing-masing.

5. Sebagai Referensi Visual

Apa itu referensi visual? Dilihat dari arti kata, bila Referensi berarti sumber acuan dan visul adalah dapat dilihat dengan indra penglihatan maka Referensi Visual berarti Sumber acuan yang dapat dilihat dengan indra penglihatan.

Di dalam museum, anda dapat melihat secara langsung benda-benda koleksi museum. Benda-benda tersebut mungkin belum pernah anda lihat sebelumnya, hanya cerita dari Guru atau Teman anda. Di dalam museum anda dapat melihat beragam benda menarik yang menjadi koleksi museum sebagai referensi visual yang bisa anda gunakan dalam berbagai keperluan.

Sebenarnya masih banyak manfaat dari museum, setidaknya 5 manfaat tersebut dapat kita peroleh saat berkunjung ke museum. Demikian, semoga bermanfaat.

Referensi :
  1. https://manfaat.co.id/manfaat-berkunjung-ke-museum

0 komentar