Pohon Tule Oxaca Meksiko : Pohon unik berdiameter 60 Meter

Bicara yang unik-unik saya punya sesuatu yang unik dan jarang kita temui. Apakah kamu menyukai tanaman dengan bentuk yang aneh atau dalam kata lain unik? bila ya pasti kamu akan menyukai tanaman yang satu ini.

Pohon Tule Oxaca Meksiko


Pohon Tule, dari namanya saja sudah unik ya...apalagi bentuknya,.hmmmm sayangnya pohon ini tidak ada di negara kita, coba kalau ada mungkin sahabat setia buko-moto akan lebih mudah untuk melihatnya langsung.

Namun jangan berkecil hati , meskipun tanaman ini berada di Negara Meksiko (Amerika Latin) kita masih bisa menikmati keunikan Pohon Tule lewat postingan saya ini ,..yach, cuma lihat fotonya saja kurang puas donk!

Pohon Tule Oxaca Meksiko
Gambar : pl.wikimedia.org

Kalau ingin melihat langsung pohon ini datang saja ke Meksiko tepatnya di pusat kota Santa Maria del Tule di Negara Oaxaca , Meksiko.

Asal Pohon Tule


Pohon ini juga disebut Cemara Montezume Perkasa nama Tule sendiri berasal dari bahasa Spanyol El Arbol Del Tule. Pada zaman dahulu kala ketika kita belum lahir...Saat masih dalam era perang mencari kejayaan, Orang-orang spanyol yang berada di Meksiko mendirikan sebuah kota yang bernama Oaxaca. Nah , dari sinilah nama Tule itu tercetus yaitu dari Orang-orang Spanyol.

Menurut catatan sejarah suku Aztec dan bangsa Spanyol yang berada di sana, Tanaman ini sudah ada sekitar 2.0000 tahun yang lalu.

Wow,..Sangat tua sekali ya,.yang pasti tanaman ini memiliki nilai sejarah yang panjang.

Ciri-ciri Pohon Tule


Untuk mengetahui ciri-ciri pohon ini akan lebih jelas bila kita melihat Foto di bawah ini :

Pohon Tule Oxaca Meksiko
Gambar :commons.wikimedia.org

Pohon Tule Oxaca Meksiko
Gambar :commons.wikimedia.org

Pohon Tule Oxaca Meksiko
Gambar :commons.wikimedia.org

Bila kita amati pohon ini terlihat seperti wajah yang keriput maklum sudah tua sich :)...Namun terlihat kokoh dan dari segi kebersihan jelas sangat terawat.

Diameter pohon yang mencapai 60 meter menjadikan pohon ini sebagai pohon terbesar di Dunia. Jika sebelumnya pernah mendengar tentang Giant Sequoia (pohon paling besar) yang berdiameter 29,5 meter maka jelas Pohon Tule jauh lebih besar dan perlu sampai 50 orang untuk membuat lingkar pohon ini.

Pohon Tule menjulang setinggi 40 meter dengan daun yang rindang membuat area sekitar pohon memiliki cuaca yang sejuk , sangat cocok untuk beristirahat saat sedang bepergian.

Fungsi Pohon Tule


Setiap ciptaan Alloh SWT pasti mempunyai fungsi dan manfaat yang berguna bagi kelangsungan hidup. Semua jenis pohon pasti punya manfaat termasuk Pohon Tule. Lalu apa saja kiranya yang bisa kita ambil manfaatnya dari pohon tua , besar, tinggi dan memiliki bentuk yang unik ini.

Pohon tinggi dan rindang jelas bermanfaat saat kita kepanasan di jalan , nah bagi para traveller keberadaan pohon seperti ini sangat bermanfaat untuk melepas lelah.

Pohon ini terletak di pusat Kota dekat dengan bangunan sebuah Gereja. Hal ini merupakan nilai tambah terhadap keberadaan Gereja dan kota Oaxaca , sebab pohon ini sangat terkenal sampai penjuru Dunia sehingga banyak orang yang mengetahui akan keberadaan kota Oaxaca dan Gereja tersebut lewat Pohon Tule ini.

Untuk yang suka hal-hal unik tak usah diragukan lagi pasti sangat menyukai pohon yang satu ini. Dengan adanya pohon ini dapat menambah wawasan kita akan keanekaragaman mahluk ciptaan Alloh SWT. Dengan melihat pohon ini diharapkan mampu menghilangkan penat dan dapat membawa kesegaran tersendiri yang menjadikan pikiran kita menjadi fresh kembali.

Pohon adalah sumber kehidupan , jangan merusak alam hanya untuk mendapatkan kepuasan pribadi. Sekian - Terima kasih.

Referensi :

  1. http://travelingyuk.com/pohon-tertua-di-dunia/

0 komentar