Pohon Oak malaikat : Pohon Unik dengan Batang Menyerupai Malaikat

Berbagai hal menarik dapat kita jumpai setiap harinya , mulai dari saat bangun pagi , bekerja, saat santai di rumah maupun saat sedang melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal-hal yang unik tersebut dapat menambah wawasan kita akan keanekaragaman bentuk , kejadian dan aktivitas mahluk-mahluk ciptaan Alloh SWT.

Pohon Oak malaikat 


Salah satu hal unik yang menarik perhatian saya adalah  Pohon Oak Malaikat. Pohon yang tidak seperti Pohon Oak pada umumnya ini memiliki bentuk yang unik dan sangat langka kita jumpai di sekitar kita , bahkan mungkin hanya ada satu yang berbentuk seperti itu.

Pohon Oak malaikat
Gambar : satujam.com

Pohon Oak atau Ek merupakan tanaman yang dapat tumbuh di berbagai daerah. Pohon ini tersebar hampir di setiap belahan dunia. Pohon Oak memiliki beberapa jenis antara lain : (sumber : http://blog.ub.ac.id/ayusinaga03/2012/05/10/6/)

1. Quercus


Pohon Oak jenis Quercus tumbuh di bumi belahan utara, yaitu negara-negara di benua Eropa dan Amerika. Contohnya adalah pohon Oak Jurupa yang termasuk spesies Quercus palmeri atau ek palm, ini dinamai Jurupa karena angin jurupa yang seringkali berhembus di bukit di mana ia hidup.

2. Cyclobalanopsis


Pohon Oak jenis Cyclobalanopsis tumbuh di daerah Asia yang dingin seperti Jepang, Taiwan dan Korea.

3. Cork Oak


Pohon Oak jenis Cork Oak tumbuh di Portugis, Spanyol dan Maroko. Karakteristiknya adalah memiliki batang yang kokoh, daun yang rindang dan anggun, daya tahan batang dan cabang-cabangnya  yang kuat, dan sistem akar besar yang sensitif terhadap karakteristik tanah, pH dan kadar air. Pohon Oak juga memiliki kebiasaan yang aneh, yaitu tidak menggugurkan daunnya ketika musim gugur meskipun warnanya tetap berubah kecoklatan. Ketika tunas-tunas daun muncul di musim semi, barulah pohon Ek menggugurkan daun yang sudah coklat tadi.

4. Pohon Oak Malaikat


Dari sekian banyak pohon Oak yang terdapat di dunia , ada satu pohon Oak yang memiliki bentuk yang Unik. Tidak hanya bentuknya namun namanya juga Unik yaitu : POHON OAK MALAIKAT.

Nama malaikat diambil berdasarkan bentuk batang dan daun yang terurai panjang dan lebat seperti seorang malaikat (meski belum pernah melihat malaikat namun bisa membayangkan kan :)...)

5. Asal Pohon Oak Malaikat


Pohon Oak malaikat berada di John Island (Pulau John) South Caroline , Amerika Serikat. Pohon ini diperkirakan merupakan Organisme tertua yang ada di sungai Missisippi dengan usia yang mencapai 1.500 tahun.

Dengan tinggi hingga 84 meter dan panjang cabangnya ada yang mencapai 300 meter , pohon ini terlihat begitu mempesona , sejuk dan sepertinya sangat nyaman untuk berada di bawah pohon ini.

6. Yang Menarik dari Pohon Oak


  1. Oaks memiliki daun yang dapat lobed, bergerigi atau flat di tepi. Spesies tertentu memiliki daun dengan bulu.
  2. Oaks menghasilkan baik bunga jantan dan betina. Bunga jantan tersusun dalam kelompok yang disebut catkins. Bunga betina jauh lebih kecil.
  3. Buah ek disebut biji. Produksi biji dimulai pada usia 20 sampai 50 tahun.
  4. Buah ek disebut biji. Produksi biji dimulai pada usia 20 sampai 50 tahun.
  5. Kayu ek yang sangat kuat dan keras. Hal ini digunakan dalam pembuatan kapal, furniture, bahan lantai dan Yamaha drum.
  6. Oak adalah tanaman nasional di banyak negara di dunia termasuk Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman, Latvia, Polandia dan Serbia. Pohon Oak melambangkan kekuatan dan daya tahan.
  7. Oak juga digunakan dalam peringkat militer. Perak daun menunjukkan Letnan Kolonel sementara daun emas menunjukkan Letnan Komandan.
  8. Salah satu koin Inggris tertua (enam pence) memiliki oak terukir pada salah satu permukaan.
Sebagian besar spesies pohon ek hidup lebih dari 200 tahun. Ada pohon tertentu yang dapat bertahan hidup lebih dari seribu tahun. Pohon ek yang ditanam pada masa pemerintahan Raja John berhasil bertahan hidup 800 tahun dan memerintah dari 35 penguasa lainnya.

Referensi :

  1. http://sehatgw.blogspot.com/2015/01/fakta-menarik-tentang-pohon-oak.html
  2. http://www.satujam.com/untuk-kamu-pecinta-tanaman-inilah-5-pohon-terunik-di-dunia/

0 komentar