Pohon Darah Naga : Pohon Unik dengan Bentuk Menyerupai Payung

Pohon Darah Naga : Pohon Unik dengan Bentuk Menyerupai Payung - Pohon darah Naga atau Dracaena cinnabari merupakan tanaman unik yang berasal dari kepulauan socotra (Yaman). Tanaman ini juga dikenal dengan nama Suji Socotra dan Dragon Blood Tree (Suji Darah). Penduduk sekitar banyak yang menggunakan getah pohon ini sebagai pernis biola, sebagai pasta gigi, sebagai perekat, sebagai obat diare, di photoengraving, dupa, untuk mengobati perdarahan post-partum, dan sebagai minyak tubuh. Sementara itu , Windows menggunakan lambang miniatur pohon ini sebagai network-ikon.

tanaman unik Pohon Darah Naga
Gambar : wikipedia

Pohon naga merupakan sisa dari hutan sub-tropis yang mati jutaan tahun lalu di zaman Pliosen . Pohon ini tampak seperti kombinasi jamur, payung, dan jaringan cranial, yang aneh.

Tumbuhan ini pertama kali dideskripsikan oleh Isaac Bayley Balfour pada tahun 1882.

Ciri-ciri Pohon Darah Naga


Daun berbentuk seperti pedang, keras, dan bergerombol di atas pohonnya, daun seperti berbentuk formasi yang sangat rapi sehingga melengkung seperti payung dan hanya tumbuh dari ujung cabang-cabang termuda dan bertahan selama tiga sampai empat tahun. Batang dan cabang-cabangnya adalah tebal, ketika kuncup pada ujung cabang berhenti tumbuh, cabang tersebut akan terbagi menjadi dua, menciptakan suatu kepadatan, pola-pola cabang surreal. Buah-buah kecil yang dihasilkan, umumnya dimakan oleh burung-burung,  yang kemudian menyebar benih tersebut ke tempat lain. Akar pohon ini adalah monokotil, tetapi tidak memiliki pembuluh xilem dan floem seperti pada kebanyakan tumbuhan lainnya.

Mengapa Pohon ini Unik ?


Setelah melihat bentuk pohon Darah Naga , akan terlintas sesuatu yang unik yang ada di Pohon ini. Dari segi bentuk , fungsi dan pohon ini juga hanya tumbuh di Socotra (Yaman). Bahkan disana tanaman ini dijadikan objek wisata bagi para wisatawan yang ingin melihat langsung tanaman langka yang satu ini. Bagi yang suka traveling mungkin tertarik untuk melihat tanaman langka tersebut.

Tidak hanya menarik dalam hal bentuknya getah pohon ini juga berfungsi untuk pengobatan dan juga pemenuhan kebutuhan manusia lainnya. Karena warna getah  dari pohon ini berwarna merah maka disebut Pohon Darah Naga.

Referensi :

  1. http://aridwisetya01.web.unej.ac.id/2015/09/15/tumbuhan-langka-pohon-darah-naga/
  2. http://aridwisetya01.web.unej.ac.id/2015/09/15/tumbuhan-langka-pohon-darah-naga/
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Dracaena_cinnabari

0 komentar