Produk Indonesia yang Mendunia dan Menjadi Kebanggaan Kita

Sebagai warga negara Indonesia kita patut bangga dengan produk-produk dalam negeri yang berhasil membuat produk mereka ber - class International - . Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah tentu hal ini bisa menjadi inspirasi bagi warga Negara Indonesia untuk terus berkreativitas dalam membuat produk dengan kualitas terbaik.

Sebenarnya sudah banyak produk lokal yang berhasil memasarkan produknya hingga ke Mancanegara, namun sedikit dari kita yang tahu akan hal itu. Kita sering di suguhkan produk Luar Negeri dengan merk ternama yang memang berkualitas bagus dan sudah sangat populer di kalangan masyrakat namun acapkali kita mengesampingkan produk lokal dengan kualitas yang sepadan bahkan lebih baik dari produk asing.

Sebagai Warga Negara Indonesia, tidak ada salahnya bila kita patut bangga akan hal itu. Apalagi bila kita seorang pekerja yang kreatif, tentu hal ini akan memicu semangat kita dalam berkreativitas dan mengembangkan bakat yang kita punya.

Beberapa Produk Indonesia yang Mendunia


1. Gitar Rick Hanes


Salah satu produk lokal yang patut kita banggakan adalah Gitar dengan merk Rick Hanes. Kata Rick Hanes diambil dari nama anak pemilik perusahaan yaitu Patrick Yohanes sementara pemilik perusahaan tersebut bernama Tommy Kaihatu. Sedangkan Doddy Hernanto atau MR D bertugas memberi sumbangan ide dan pengembangan usaha.

Produk Indonesia yang Mendunia dan Menjadi Kebanggaan Kita
Gambar : rickharnessguitars.com

Rick Hanes mulai di produksi pada tahun 2010 dan di mulai di pasarkan pada tahun 2012. Meskipun tergolong baru, namun tiga tipe Gitar Rick Hanes berhasil memperoleh penghargaan sebagai gitar terbaik dunia tahun 2012 versi majalah Inggris "Guitar Planet".

Lokasi pembuatan Gitar Rick Hanes berada di kawasan Industri Tambak Sawah, Waru, Sidoarjo Jawa Timur. Pembuatan Gitar ini tidak dalam skala besar, rata-rata tiap bulan hanya memproduksi sekitar 50 buah Gitar saja. Pabrik pembuatannya pun terbilang kecil bukan sebuah Industri Besar, namun mampu membuat Gitar yang di grandrungi oleh para musisi ternama Indonesia dan Dunia.

Gitar Rick Harnes di pasarkan secara online dan melalui distributor untuk pasar luar negeri Amerika dan Eropa.

Bila Anda seorang musisi yang menggemari alat musik Gitar, Rick Hanes bisa menjadi salah satu pilihan Anda dalam memilih sebuah gitar. Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan gitar lama yang sudah melegenda misalnya: Gibson,Fender dan Ibanes. Tapi kami berani menjamin kualitas dan kuantitas gitar ini lebih baik dari gitar yang sudah ada sebelumnya. Sebab, kami mendesain ini dengan serius dan cukup hati-hati,” ujar Doddy yang akrab disapa Mr D.

Gitar Rick Harnes dibandrol dengan harga kisaran 12 juta Rupiah.

Gitar tersebut dari segi desain dan strukturnya tidak menjiplak maupun melakukan plagiat dari produk gitar yang sudah tersebar di berbagai pasar musik Indonesia. Ini murni buatan sendiri, dari ide hingga ke strategi pemasaranya.

Referensi :
  1. http://www.rickhanesguitars.com/
  2. http://ulinulin.com/news/mengenal-rick-hanes-guitar-gitar-terbaik-di-dunia-asal-sidoarjo
  3. https://indonesiaproud.wordpress.com/2013/01/12/rick-hanes-gitar-produksi-sidoarjo-yang-meraih-gelar-guitar-of-the-year-2012/

2. Seragam Tentara NATO Buatan PT. Sritex Indonesia


PT Sri Rejeki Isman atau lebih dikenal dengan PT. Sritex merupakan produsen utama dalam pembuatan seragam militer tentara NATO. Tentu saja hal ini merupakan kebanggaan kita dimana produk lokal bisa merambah pasar International tentu dengan kualitas yang sesuai dengan permintaan pasar.

Perusahaan yang berlokasi di Sukoharjo Jawa Tengah ini memiliki desain kain lebih dari 300 ribu desain dan kesemuanya telah memiliki hak paten khusus dari Dirjen HAKI. Enam diantaranya merupakan desain pakaian militer, kemudian satu diantara keenam desain seragam tersebut adalah desain resmi pakaian seragam militer milik Indonesia.

Produk Indonesia yang Mendunia dan Menjadi Kebanggaan Kita
Gambar : indonesiaproud.wordpress

Sritex menjadi pilihan utama Negara-negara lain dalam hal seragam militer mereka karena perusahaan ini selalu mengedepankan 3 poin utama yakni kualitas, ketepatan waktu pengiriman, dan harganya yang bersaing. Tentunya siapa yang tidak tergiur dengan komitmen dari perusahaan Sritex ini. Beragam jenis dan spesifikasi kain yang terdapat pada perusahaan ini sangatlah beragam dan siap memenuhi kebutuhan konsumen yang membutuhkan spesifikasi kain khusus sekalipun.

Beberapa merk ternama buatan Sritex antara lain : Uniqlo, Zara, JCPenney, dan Timberland.  Saat kita berbelanja di toko baju dan fashion, mungkin sering melihat merk-merk tersebut namun kita tidak tahu ternyata itu adalah buatan Sritex Indonesia dan kita patut berbangga akan hal itu.

Pt. Sritex memang perusahaan yang top dan soal kualitas jangan di tanya lagi siiip banget. Produk kain buatan perusahaan ini memiliki keistimewaan tersendiri. Sritex mampu membuat produk kain dengan spesifikasi antara lain :  anti air, anti serangga, tahan api, anti noda, bobot ringan, anti infra merah, hingga pakaian berpori-pori mampu dibuat di perusahaan ini.

Hingga kini,  perusahaan milik Mohammad (HM) Lukminto menempati lahan seluas 150 hektar dengan total karyawan mencapai 18.000 karyawan. Perusahaan tekstil raksasa ini juga mengekspor 70 persen hasil produksinya dan 30 persen sisanya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Bahkan kebutuhan seragam militer 30 negara di dunia dipenuhi oleh perusahaan ini. Sangat membanggakan bukan. Haji Mohammad (HM) Lukminto Pendiri PT Sritex Sebanyak 30 negara menjalin kerjasama dengan perusahaan ini dalam penyediaan seragam militer.

Beliau mengawali usahanya tidak langsung sebesar ini, melainkan berawal dari berjualan pakaian kecil-kecilan di pasar Klewer Solo Jawa Tengah. Hingga pada tahun 1966 akhirnya beliau mendirikan perusahaan Sritex tersebut.

Referensi :
  1. http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/08/12/seragam-militer-nato-dari-jantung-pulau-jawa/

3. Kain dan Baju Batik


Batik sebagai kain khas Indinesia dan merupakan salah satu aset budaya yang perlu dilestarikan. Meskipun tergolong pakaian tradisional , batik cocok dipakai disegala kalangan dan merupakan pakaian khas Bangsa Indonesia.

Kain batik digunakan sebagai pakaian yang umumnya dipakai ketika ada acara formal. Kain Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Sejak 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia.

Produk Indonesia yang Mendunia dan Menjadi Kebanggaan Kita
Gambar : dbagus.com

Kita sebagai bangsa Indonesia patut berbangga akan keberadaan kain batik yang sudah mendapatkan pengakuaan Internasionanl dan kini banyak masyarakat luar negeri yang memakai kain  dan baju batik khas Indonesia.

Batik merupakan budaya yang berasal dari tanah Jawa yakni Yogyakarta dan akhirnya menyebar keseluruh daerah Jawa Tengah seperti Pekalongan, Magelang, dan daerah lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman busana batik semakin muncul dengan berbagai jenis corak dan juga desain pakaian yang cantik dan menarik.

Referensi :
http://pusakapusaka.com/batik-budaya-asli-indonesia-yang-mendunia.html

4. Tempe


Kita pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini yaitu : tempe. Kata tempe berasal dari bahasa Jawa kuno, yaitu : tumpi (" sejenis makanan berwarna putih yang dibuat dari tepung sagu"). Istilah tersebut cocok menggambarkan tempe yang memang berwarna putih.

Produk Indonesia yang Mendunia dan Menjadi Kebanggaan Kita

Tempe merupakan makanan yang sudah ada di Indonesia sejak abad ke-16 yang merupakan makanan khas masyarakat pedesaan tanah Jawa. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya manuscript serat centhini yang merupakan salah satu karya sastra terbesar dalam kesustraan Jawa.

Kini makanan Tempe telah mendunia dan banyak di jumpai di rumah makan di Luar Negeri terutama Rumah Makan khas Asia.

Harga tempe di Indonesia terbilang cukup murah bila dibandingkan harga di luar negeri. Di Jerman harga tempe bisa mencapai Rp 22.250 , 00 untuk ukuran tempe dengan berat 400 Kg atau seukuran batu bata.

Referensi :
  1. http://malesmandi.com/2015/10/15/tempe-makanan-sederhana-yang-mendunia/
  2. http://id.openrice.com/jakarta/article/mengintip-kisah-makanan-indonesia-di-eropa/205

5. Knalpot marcedes benz


Salah satu produk Purbalingga yang sudah terkenal sampai ke dunia Internasional adalah Knalpot Purbalingga. Knalpot buatan Purbalingga merupakan yang terbesar di Indonesia , tak heran bila knalpot ini laris manis di kancah nasional maupun Internasional.

Produk Indonesia yang Mendunia dan Menjadi Kebanggaan Kita

Bila Anda mengunjungi kota Purbalingga maka , Anda akan menjumpai patung manusia sedang membuat knalpot di salah satu persimpangan jalan di Purbalingga.

"Kita sudah masuk ke pabrikan, seperti Suzuki, Toyota, dan Daihatsu. Kita bukan sombong lho, tetapi knalpot dari Purbalingga juga sudah kita ekspor ke Jerman sama Dubai. Mercedes-Benz juga pakai knalpot kita (buatan Purbalingga)," ujar Muhajirin, Ketua Paguyuban Pengrajin Knalpot Purbalingga".

Cintai Produk dalam negeri , mari kembangkan kreativitas untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas sehingga dapat bersaing dengan produk dari Luar Negeri. Sekian - Terima Kasih

Referensi :

  1. http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/654720-ternyata-knalpot-mercedes-benz-dibuat-di-purbalingga

0 komentar