Perbedaan Magma, Lava Dan Lahar Gunung Berapi

Anda pasti sering mendengar kata magma, lava dan lahar. Magma dan Lava merupakan material bumi yang dapat anda jumpai pada Gunung Berapi. Keduanya merupakan jenis material bumi yang berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan pada area yang dilaluinya karena sifatnya yang panas dan dapat mencapai suhu yang sangat tinggi.

Belum lama ini aktivitas magma dan lava kembali terlihat di wilayah Hawaii. Gunung berapi Kilauea meletus dan menyebabkan terjadinya aliran lava. Hal ini mengingatkan kita akan kekuatan destruktif alam yang dahsyat.

Sebagai orang awam, mungkin kita akan sering menyebut kata magma dan lava namun, kita tidak tahu apa sebenarnya arti kata magma dan lava dan apa perbedaanya. Bila kita menyaksikan kejadian alam Gunung Berapi meletus, semburan material dari dalam Gunung tersebut (erupsi) berupa campuran antara benda gas, padat dan cair.

Semua material tersebut mengandung unsur panas dan sangat berbahaya terhadap kelangsungan mahluk hidup yang ada disekitarnya dan dapat merusak setiap yang dilintasinya. Bila kekuatan semburan cukup besar, erupsi yang terjadi pada Gunung Berapi tersebut dapat mencapai radius hingga puluhan kilometer.

Kembali ke magma dan lava, apa si sebenarnya magma dan lava tersebut? Apakah material yang keluar dari perut Gunung Berapi kita sebut dengan Magma atau Lava? Sekarang mari kita lihat satu persatu apa arti dari magma dan lava.

Arti Kata Magma

Secara bahasa, Magma memiliki arti “lelehan batuan pada kerak bumi yang sangat panas (kbbi)”. Magma terletak di dalam perut bumi.

Magma merupakan kumpulan batuan cair yang terdapat di dalam bumi. Magma memiliki komposisi kimia yang bervariasi dari berbagai macam material yang terdapat di perut bumi.

Arti Kata Lava

Secara bahasa, Lava memiliki arti “bahan vulkanis dalam keadaan cair yang keluar dari kepundan gunung berapi (kbbi)”. Lava sering juga disebut dengan Lahar namun, Lava dan Lahar dapat memiliki arti yang berbeda.

Lava merupakan batuan cair berupa magma yang berpijar yang keluar dari perut bumi melalui Gunung Berapi atau Patahan Lempengan Bumi yang selanjutnya membeku menjadi batuan dalam berbagai macam bentuk.

Arti Kata Lahar

Untuk kata Lahar sendiri memiliki arti yang cukup luas, kata Lahar sering kita dengar dari masyarakat yang menyaksikan letusan Gunung Berapi.

Pada intinya Lahar merupakan campuran material yang keluar dari Gunung Berapi yang mengalir atau terendap di sekitar wilayah Gunung Berapi. Material berupa Lava yang bercampur air, batu dan material lainnya yang mengalir, inilah yang sering kita sebut dengan lahar.

Perbedaan Magma, Lava Dan Lahar Gunung Berapi

Perbedaan Magma, Lava Dan Lahar

Setelah mengetahui apa arti kata magma, lava dan lahar, anda pasti sudah dapat membedakannya dengan baik. Perbedaan magma dan lava yaitu terletak pada LOKASINYA, magma berada dalam perut bumi, sedangkan lava berada diluar perut bumi. Sementara untuk Lahar dapat kita artikan dengan lava yang bergerak.

Magma Mafik

Magma Mafik seperti yang terlihat di Hawaii, cenderung terbentuk karena kerak bumi yang berat yang menyebabkan dasar lautan mencair. Magma Mafik  terdiri dari 47 s/d 64 persen silika, yaitu mineral yang membentuk kaca dan kuarsa.

Magma Mafik merupakan varietas magma yang terpanas dengan suhu antara 1.800 sampai 2.200 derajat Fahrenheit. Mafik Magma mengandung cukup banyak air, dengan viskositas cukup tinggi, mulai dari molase hingga selai kacang.

Magma Silika

Magma Silika cenderung terbentuk ketika kerak benua yang ringan meleleh. Magma jenis ini mengandung setidaknya 63 persen silika yang membuatnya terlihat kental. Magma Silika terlihat lebih keren (menarik) daripada Magma Mafik. Rhyolite, salah satu jenis Lava ini, sangat kaya akan silika dan dapat mencapai suhu antara 1.200 hingga 1.500 derajat Fahrenheit.

Magma Silika lebih dingin dan terlihat lebih buram daripada Magma Mafik.  Gas yang terlarut di dalamnya sulit untuk keluar dan membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan Magma menjadi semakin eksplosif yang dapat menimbulkan ledakan yang besar. Magma Silika lebih berbahaya dibandingkan Magma Mafik.

Referensi:
  1. https://news.nationalgeographic.com/2018/05/volcano-magma-lava-difference-science/
  2. https://kependidikan.com/perbedaan-magma-lava-dan-lahar/
  3. https://kbbi.web.id/
  4. sumber gambar : commons.wikimedia.org

0 komentar