#5 Model Baju Batik Simpel dan Elegan

Model Baju Batik Simpel dan Elegan - Baju batik yang merupakan ciri khas nya orang Indonesia memang selalu menjadi pilihan terbaik sebagai busana untuk acara resmi maupun santai. Kain batik dengan berbagai motif khas klasik dan modern pun menjadi ajang persaingan para produsen kain dalam membuat produk yang sesuai permintaan pasar.

Dari anak kecil, remaja, dewasa hingga lanjut usia semuanya merupakan pemakai batik dengan berbagai model baju batik yang sesuai dengan usia dan trend yang ada. Para designer baju mengembangkan skill nya dengan membuat model-model baju trend masa kini yang banyak digemari oleh kalangan kaum muda Indonesia dengan menggunakan batik sebagai objek design mereka.

Namun, batik sebagai salah satu warisan nenek moyang Indonesia yang sudah diakui oleh dunia tentu memiliki nilai budaya yang tidak boleh dihilangkan. Ciri khas dan keunikan kain batik yang menggambarkan budaya Indonesia dari masa lampau hingga saat ini harus terus dilestarikan dan hal itu terlihat dari corak dan motif batik yang ada. Biasanya tiap daerah penghasil atau pembuat kain batik akan memiliki corak dan motif batik yang khas sesuai dengan budaya daerah tersebut.

Unesco telah menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi sejak  02 Oktober 2009

#5 Model Baju Batik Simpel dan Elegan


Saking laris manisnya pakain batik di pasar lokal hingga mancanegara, model batik yang ditawarkan pun bervariasi dari yang simpel, klasik, modern, formal, santai, muslimah sampai yang elegan dengan harga yang bervariasi pula. Dari ribuan model baju batik tersebut, berikut saya kumpulkan beberapa model baju batik yang simpel dan elegan yang cocok untuk kalangan usia muda hingga lanjut usia dan cocok untuk dipakai pada acara formal maupun non-formal.

1. Batik Jogkakarta


#5 Model Baju Batik Simpel dan Elegan
Gambar dari bajubatikmodel.com

Jenis batik asli jogja ini memang terkesan jadul dan terlihat tua. Namun, batik ini dulunya dipakai oleh anggota keraton saja, sekarang batik ini dapat  menjadi pilihan terbaik untuk para penggemar kain batik . Dengan sedikit modifikasi yang dapat menarik minat kalangan remaja Indonesia, corak batik Jogja terlihat lebih modern dan elegan.

Motif batik ini antara lain sido asih, kawung, sekar jagad, truntum dan juga parang

Batik ini memiliki kesan yang kental dengan budaya Jawa khusunya Jogjakarta yang terinspisari dari budaya Hindu-Jawa masa lampau.

2. Batik Madura


#5 Model Baju Batik Simpel dan Elegan
Gambar dari kayanabatik.co.id

Batik yang memiliki corak berwarna cerah ini memang khas daerah pesisir. Madura memiliki daerah penghasil batik yang cukup terkenal yaitu Tanjung Bumi, Sumenep dan Pamekasan. Corak batik khas Madura yang paling populer adalah corak Carsena sisik dan Amparan.

Warna cerah yang menggambarkan keriangan ini cocok bila digunakan untuk acara pesta atau kegiatan non formal. Namun, bila dipadukan dengan corak lainnya, Batik Madura akan terlihat lebih elegan dan kalem.

3. Batik Kalimantan


#5 Model Baju Batik Simpel dan Elegan
Gambar dari batiksarimbitkeluarga.com

Batik Kalimantan memiliki corak warna yang ramai dan sebagian besar coraknya bertemakan alam Kalimantan yang terkenal indah. Beberapa corak batik Kalmantan yang cukup populer antara lain :  batang garing, Mandau, burung enggang dan balanga. Selain itu Kalimantan juga mempunyai corak batik khusus daerah tertentu misalnya : Benang bintik dan Sasirangan.

Batik Kalimantan dapat menjadi pilihan terbaik untuk digunakan dalam acara formal maupun santai. Coraknya yang penuh warna khas alam dapat mengundang perhatian orang disekitar anda. 

4. Batik Pekalongan


#5 Model Baju Batik Simpel dan Elegan
Gambar dari batikpekalonganku.com

Sebagai kota batik, Pekalongan mempunyai corak batik yang khas daerah tersebut dan kebanyakan menggunakan objek Fauna (Hewan) sebagai motif utamanya. Pekalongan yang merupakan daerah pesisir ini memiliki corak batik yang berwarna cerah dan banyak dipengaruhi oleh budaya luar yang masuk lewat jalur perdangangan. Cocok digunakan oleh kawula muda dan orang dewasa untuk acara santai maupun formal.

5. Batik Solo


#5 Model Baju Batik Simpel dan Elegan

Jogja dan Solo merupakan dua kota dengan seni dan budaya batik yang hampir mirip. Batik Solo memiliki corak yang hampir sama dengan batik Jogja, sekilas keduanya tidak memiliki perbedaan karena objek batik dua kota besar di Jawa ini dipengaruhi oleh budaya keraton Jawa.

Batik ini cocok digunakan oleh orang dewasa dan lanjut usia untuk acara formal. Dengan sedikit modifikasi, batik asli kota Solo ini dapat menarik kalangan muda-mudi Indonesia dengan warna dan tampilannya yang kalem, simpel dan elegan.

Penutup


Batik merupakan salah satu kebanggan Indonesia dalam bidang budaya dan Fashion. Banyak kalangan tokoh terkemuka dan artis dunia yang mengenakan pakain batik saat menghadiri acara resmi maupun santai. Salah satu tokoh yang sangat menggemari batik Indonesia adalah Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela yang merupakan tokoh kemerdekaan negara tersebut dan erat hubungannya dengan para tokoh kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam acara fashion show tingkat International, baju batik rancangan designer terkemuka dunia seringkali ditampilkan oleh para model peraga kelas International. Di Indonesia sendiri batik sudah sangat merakyat dan menjadi salah satu pakain yang paling populer dan menjadi pilihan terbaik saat membeli baju atau kemeja untuk digunakan dalam berbagai situasi formal maupun non formal. Demikian ulasan mengenai model baju batik, semoga bermanfaat. 

Referensi :

  1. http://www.satujam.com/motif-batik-indonesia/
  2. http://loop.co.id/articles/inilah-jenis-jenis-batik-terpopuler-di-indonesia

0 komentar