Game Tanpa Batas Bersama ASUS ZenFone Max Pro M1

 Game Tanpa Batas Bersama ASUS ZenFone Max Pro M1

Belum lama ini produsen smartphone ASUS meluncurkan produk terbarunya yaitu ASUS ZenFone Max Pro M1 yang khusus diperuntukan untuk para gamer. Dengan mengusung tema Limitless Gaming, ASUS ZenFone Max Pro M1 digadang-gadang bakal memuaskan selera para gamer dalam memainkan berbagai jenis games.

Saat ini ASUS menjadi salah satu brand populer dengan berbagai produk elektronik yang dibuatnya, termasuk salah satunya adalah Smartphone Android. Penjualan produk ASUS terus mengalami peningkatan, pada bulan Agustus 2018, GfK menyebutkan, pangsa pasar laptop consumer ASUS kembali naik menjadi 41,4 persen. Lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya yang mencapai 39,7 persen di Indonesia.

Bermain Mobile Games


 Game Tanpa Batas Bersama ASUS ZenFone Max Pro M1

Memang mengasikan saat kita bermain games di smartphone, laptop maupun di perangkat komputer desktop. Apalagi bila games yang Anda mainkan dapat mendatangkan penghasilan untuk Anda, tentu lebih menyenangkan lagi. Biasanya, para gamer sering memainkan games untuk menghilangkan kepenatan setelah lelah beraktivitas.

Seiring dengan berjalannya waktu, Games Komputer menjelma menjadi sebuah industri besar yang menawarkan banyak produk menarik. Apalagi di era smartphone sekarang ini, kita menjadi lebih mudah dalam bermain games, cukup dengan menggunakan perangkat mobile smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS (Apple). Aplikasi Mobile Games menawarkan pasar yang menarik buat para developer perangkat lunak. Aplikasi mobile games mengalami perkembangan yang pesat dengan jumlah dan varian yang banyak.

Sebagian dari mereka bermain games hanya untuk hiburan saja, sebagian yang lain, selain sebagai saran a hiburan, games yang mereka mainkan dapat mendatangkan uang/penghasilan. Jumlah uang yang mereka perolehpun bervariasi bahkan, banyak yang menjadikan gamer sebagai sebuah profesi, mereka disebut sebagai Gamer Profesional.

Bila Anda tekun dan ulet dalam bermain games, Anda dapat menjadi seoarang Gamer Profesional yang bisa ikut serta di berbagai turnamen atau menjual jasa joki games secara online. Selain itu, banyak tawaran menarik lainnya yang bisa Anda peroleh bila Anda mahir dalam memainkan Games Komputer.

Ingat! Meskipun bermain games itu menyenangkan namun, jangan sampai lupa waktu, terutama bagi mereka yang masih berstatus pelajar sekolah.

Smartphone Gaming


Smartphone mengalami perkembangan yang sangat pesat, dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan, smartphone mampu melakukan berbagai pekerjaan komputasi seperti layaknya komputer desktop atau laptop, meskipun dengan peforma yang masih terbatas. Bicara soal games atau permainan komputer, smartphone sudah mampu melakukannya dengan baik, tentu dengan dukungan hardware yang baik pula.

Semakin bagus kualitas dan fitur yang dibawa oleh smartphone, semakin meningkatkan nilai dari ponsel pintar tersebut. Harga yang ditawarkanpun bervariasi, semakin mahal harganya, biasanya kualitasnya juga semakin baik.

Perkembangan smartphone atau ponsel pintar mengikuti perkembangan zaman yang terbentuk dari kebiasaan masyarakat dalam menggunakan smartphone. Fasilitas yang ditawarkan oleh produsen smartphone bertujuan untuk memudahkan dan memuaskan selera pengguna smartphone itu sendiri.

Smartphone jelas berbeda dengan ponsel biasa, smartphone dapat melakukan banyak hal, mulai dari melakukan panggilan telepon, sms, internet, mengolah data, menghitung dengan kalkulator, foto, musik, video, sampai bermain games. Games melalui perangkat ponsel pintar dapat dimainkan secara Online (terkoneksi internet) atau bisa juga secara Offline (tanpa koneksi internet).

Bermain games melalui perangkat smartphone terbilang menyenangkan, karena sifatnya yang mobile, Anda dapat bermain games dimanapun Anda berada. Para gamer pun senantiasa lebih bebas memilih tempat untuk bermain games, bisa di tempat umum atau saat berada di dalam rumah.

Memilih Smartphone Gaming


 Game Tanpa Batas Bersama ASUS ZenFone Max Pro M1

Dalam bermain games, para gamers harus cermat dalam memilih smartphone yang akan digunakan untuk bermain mobile games karena, tidak semua smartphone mampu memainkan games yang Anda gemari dengan baik. Biasanya, smartphone games memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan smartphone biasa, karena didukung oleh perangkat hardware dengan kualitas dan spesifikasi yang lebih baik.

Sebuah aplikasi games memerlukan kecepatan Prosesor, kemampuan RAM memori dan Kartu Grafis yang memadai untuk dapat memainkan games tersebut dengan baik dan lancar. Anda dapat memilih jenis games ringan bila smartphone yang Anda pakai tidak memiliki spesifikasi hardware yang cukup baik. Bila Anda memaksakan untuk memainkan games yang berat, dapat membuat smartphone yang Anda miliki mengalami kerusakan dan peforma games yang Anda mainkan juga tidak maksimal.

Sebelum Anda membeli smartphone untuk bermain games, sebaiknya perhatikan beberapa point berikut ini :

  • Prosesor : Smartphone Gaming harus memiliki procesor dengan kecepatan yang tinggi. Prosesor merupakan inti dari smartphone yang akan menunjang berbagai hal saat Anda menggunakan smartphone, termasuk kecepatan smartphone tersebut.
  • Memori RAM : Selain itu, dukungan memori RAM juga harus bagus. Randome Acces Memory biasa disebut dengan RAM merupakan memori smartphone yang akan menyimpan data secara sementara (volatile). RAM berpengaruh terhadap kecepatan smartphone, semakin tinggi nilai RAM, semakin baik kecepatan smartphone. Anda mungkin pernah mengalami games berjalan lambat dan tersendat-sendat, salah satu penyebabnya adalah kapasitas memori RAM yang tidak memadai untuk memainkan games tersebut. 
  • Kartu grafis (VGA/GPU) : GPU (Graphic Processor Unit), merupakan perangkat smartphone yang fungsinya mirip dengan prosesor. Secara spesifik, GPU digunakan untuk melakukan pemrosesan gambar atau grafis. Semakin besar nilai GPU semakin cepat pula smartphone dalam mengolah data grafis dan mampu menangani grafis dengan tingkat resolusi tinggi. Bayangkan saja saat kita bermain games dengan tampilan gambar yang kurang maksimal, pecah-pecah, atau kurang detail, tentu saja hal ini akan membuat kita tidak nyaman dalam memainkan games tersebut.

Selain itu, yang perlu Anda perhatikan juga adalah kesesuaian atau sinkronasi antar komponen. Sinkronasi dan integrasi antar komponen (hardware) juga harus seimbang sehingga dapat menghasilkan output kerja yang maksimal. Dengan demikian kinerja antar hardware dapat terjalin dengan baik karena kemapuan hardware yang tersinkronasi dengan baik.

Perhatikan juga ukuran layar smartphone. Hal ini adalah selera masing-masing gamer, secara umum, semakin lebar ukuran smartphone semakin enak dan nyaman dalam memainkan mobile games.

Dengan dukungan hardware yang bagus, Smartphone Gaming akan memuaskan para gamers dalam memainkan games kesukaannya. Ketika kita memainkan sebuah games, tugas utama smartphone adalah sebagai media atau alat yang kita operasikan.

Cara Tepat Bermain Games Menggunakan Smartphone


Banyak sekali tersedia jenis games dengan beragam varianya di Play Store Android. Kita dapat memilih games apa saja yang kita suka, sebagian besar tersedia dan dapat digunakan secara gratis. Tidak semua games memerlukan peforma smartphone yang baik, beberapat games ringan dapat kita mainkan di saat waktu senggang untuk sekedar mengusir kejenuhan dan refresing saja.

Seorang gamer seringkali tidak puas bila hanya memainkan satu jenis games saja. Mereka akan mencoba banyak permainan dan pada akhirnya akan sering memainkan games kesukaanya. Karena sering memainkan sebuah games, semakin lama mereka menjadi semakin mahir. Mencapai level tertinggi atau memenangkan kompetisi dalam sebauh games akan membuat gamer menjadi Puas dan Senang, terlebih apabila mereka mendapatkan uang dari games yang mereka mainkan. Lumayan, bisa jadi tambahan penghasilan bagi gamer. Bila Anda ulet dan tekun dalam bermain games, Anda dapat memperoleh penghasilan yang tinggi dalam bermain games. Mereka inilah yang disebut dengan “Profesional Gamers”.

Seorang gamers harus pintar-pintar dalam mengatur waktu, terutama mereka yang masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa. Berikut beberapa tips ringan untuk Anda yang gemar bermain games :

  • Mengatur Waktu : Bermainlah games di saat Anda sedang santai dan rileks. Itu bila Anda bukan seorang Profesional gamers (berprofesi sebagai gamers). Aturlah waktu dengan baik sehingga Anda dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar namun, tetap dapat bermain games melalui perangkat smartphone yang Anda miliki. Jangan sampai Anda mengabaikan kesehatan dan pekerjaan Anda karena bermain games sampai lupa waktu.
  • Memilih Jenis Games : Sebagian orang lebih memilih untuk bermain games ringan yang tidak menyita waktu dan proses berpikir. Anda akan menikmati games seperti ini untuk membuat pikiran Anda menjadi rileks dan tenang. Bila Anda seorang yang sibuk, games ringan bisa menjadi pilihan terbaik untuk bermain games melalui smartphone yang Anda miliki.

    Sementara bila Anda memiki waktu yang lebih dari cukup untuk bermain games, Anda dapat memilih games sesuai dengan keinginan Anda. Terlebih bila Anda adalah seorang Profesional gamers, Anda dapat berlatih memainkan games favorit Anda sampai Anda mahir dan Anda dapat memperoleh penghasilan dari games yang Anda mainkan.

    Dalam bermain games, pilihlah games yang sehat dan tidak merusak mental yang dapat berpengaruh terhadap hal-hal negatif seperti misalnya: kejahatan, judi, sex dan hal negatif lainnya. Sebaiknya, pilihlah games yang yang dapat mengasah otak Anda dalam berpikir dan melatih kemampuan Anda dalam berkreativitas.
  • Smartphone Yang Handal : Banyak perlengkapan games elektronik yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah smartphone. Biasanya smartphone khusus untuk Gaming dibekali dengan hardware yang mumpuni dan mampu memainkan semua jenis games dari yang ringan sampai yang berat. Bila Anda berminat memiliki smartphone untuk keperluan bermain games, Pilihlah Smartphone Khusus Untuk Gaming, seperti misalnya : ASUS ZenFone Max Pro M1.
  • Profesional gamers : Bagi seorang newbie, bermain games memang hanya untuk keperluan hiburan saja. Bila Anda menikmati menjadi seorang gamers, Anda dapat memperoleh penghasilan dengan menjadi seorang Profesional gamers. Hanya saja, untuk menjadi seorang Profesional gamers, diperlukan keulean dan kerja keras dalam berlatih memainkan games untuk sampai pada tingkat mahir. 

Bermain games menggunakan perangkat smartphone dapat dilakukan dimanapun Anda berada. Memang menyenangkan bermain mobile games namun, jangan sampai Anda lupa waktu dan pilihlah games yang dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas Anda.

Dampak Positif Dan Negatif Bermain Games


Game Tanpa Batas Bersama ASUS ZenFone Max Pro M1

Mobile Games dapat dimainkan oleh siapa saja, dari anak kecil hingga manusia dewasa. Dampak yang ditimbulkan dari memainkan mobile games-pun bisa Anda rasakan. Selain memiliki Dampak Positif, bermain mobile games juga bisa Berdampak Negatif.

Berikut ini beberapa Dampak Positif dan Dampak Negatif Dari Bermain Games :

1. Dampak Positif Bermain Games


  • Meningkatkan Fokus : Biasanya saat bermain games komputer, pemain games (gamers) akan lebih fokus ke permainan yang sedang ia mainkan. Dengan demikian, dengan bermain games, kita akan terbiasa fokus dengan sesuatu yang dapat berpengaruh dalam aktivitas kita sehari-hari.
  • Refreshing : Bermain games yang Anda sukai dapat membuat pikiran menjadi rileks dan tenang. Anda dapat melupakan masalah yang Anda hadapi sejenak dengan bermain games. Setelah itu Anda dapat berpikir lebih jernih dan tenang dalam menyelesaikan berbagai tugas dan pekerjaan Anda.
  • Melatih Kemampuan Bahasa Inggris : Biasanya aplikasi games dilengkapi dengan beberapa macam Bahasa yang berbeda. Anda dapat melatih kemampuan Bahasa Inggris atau Bahasa Asing lainnya melalui Bahasa yang terdapat di dalam Games yang Anda mainkan.
  • Menghasilkan Uang : Bermain games komputer tidak hanya sekedar aktivitas refreshing dan senang-senang saja. Anda dapat memperoleh penghasilan dari bermain games dengan menjadi seorang Profesional Gamers.
  • Melatih Kreativitas : Banyak games yang menawarkan permainan asah otak dan menguji kreativitas Anda. Dengan memainkan games seperti ini, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam hal kreativitas.
  • Melatih Kerja Sama Tim : Bila Anda sering memainkan games dalam sebauh Tim, Anda dapat berlatih bagaimana cara bekerja sama dalam sebuah tim, hal ini dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam mengerjakan sesuatu di dalam sebuah tim atau grup. Selain itu, Anda juga akan banyak berinteraksi dengan orang lain dalam Tim Anda. 
  • Melatih Kemampuan Manajerial Dan Strategi : Sebagai seorang gamers, Anda memiliki hak penuh atas games yang Anda mainkan. Bila games yang Anda mainkan melibatkan banyak komponen, alat atau orang, Anda akan dituntut untuk dapat mengatur berbagai hal yang ada di dalam games tersebut. Hal ini memerlukan kemampuan Manajerial dan Pengaturan Strategi yang baik untuk mencapai level yang lebih tinggi saat bermain games. Secara tidak langsung, Anda dapat melatih kemampuan ini karena, sebagian aplikasi games terinspirasi dari kehidupan nyata (Real). 

2. Dampak Negatif Bermain Games Komputer


  • Kesehatan Menurun : Bermain games seringkali membuat mereka lupa waktu. Dampak yang paling bisa dirasakan adalah menurunnya faktor kesehatan. Mulai dari kurang tidur, malas mandi, mata lelah, malas makan, hingga munculnya berbagai penyakit akibat faktor menurunnya kesehatan seorang gamers. 
  • Kecanduan : Biasanya hal ini dialami oleh anak-anak dan remaja. Mereka menjadi kecanduan bermain games komputer/smartphone. Akibatnya, mereka sering mengabaikan aktivitas utama mereka yaitu belajar dan bersekolah. Sebaiknya, atur waktu dengan baik untuk bermain games supaya tidak menjadi kecanduan dan pilihlah games yang dapat menunjang kemampuan pola pikir dan kreativitas.
  • Menghabiskan Banyak Uang : Banyak games yang menuntut penggunanya untuk membeli sejumlah perlengkapan games yang mereka mainkan. Seringkali seorang gamers harus mengeluarkan sejumlah uang untuk dapat mencapai level yang lebih tinggi. Bila tidak di kontrol, Anda dapat menghabiskan banyak uang untuk bermain games favorit Anda. Sebaiknya awasi budget Anda saat bermain games komputer.
  • Prestasi Sekolah Menurun : Bila Anda masih berstatus pelajar, sebaiknya atur waktu dengan baik dan tidak bermain games saat jam sekolah maupun waktu belajar diluar sekolah. Games yang Anda mainkan dapat membuat prestasi Anda menurun karena Anda hanya memikirkan games yang Anda mainkan.

Aplikasi Mobile Games


Mobile Games merupakan permainan yang dimainkan pada perangkat ponsel pintar (smartphone), tablet, PDA dan perangkat portable lainnya yang dapat memainkan permainan berbasis komputer. Tetris merupakan mobile games pertama yang mulai diperkenalkan pada perangkat Hagenuk MT-2000 di tahun 1994. Setelah itu pada tahun 1997, Nokia memperkenalkan permainan snake yang mampu menarik minat para gamers pada waktu itu. [ en.wikipedia]

Seiring dengan berkembangnya teknologi, permainan pada perangkat mobile terus mengalami perubahan dan sampai saat ini mobile games menjadi salah satu market yang menjanjikan. Dengan banyaknya pengguna smartphone yang memainkan aplikasi games pada smartphone yang mereka miliki, pengembang perangkat lunakpun terus meningkatkan kualitas dan peforma aplikasi games yang dibuatnya dengan tampilan grafis yang jauh lebih baik dari versi awal mobile games.

Ada banyak sekali aplikasi permainan yang bisa kita mainkan lewat smartphone android yang kita punya. Kita tinggal buka Play Store Android dan ketik nama aplikasi games yang akan Anda mainkan pada kolom pencarian. Setelah itu, klik pada tombol Install untuk memasang aplikasi dan Klik pada tombol Buka untuk menjalankan aplikasi.

Dari sekian banyak Aplikasi Games yang terdapat di Play Store Android, hanya beberapa games saja yang mungkin Anda mainkan. Salah satunya mungkin adalah games favorit Anda, seperti games berikut ini :

1. Plant VS Zombie 2


Game Tanpa Batas Bersama ASUS ZenFone Max Pro M1

Plant VS Zombie 2 merupakan kelanjutan dari Plant VS Zombie yang awalnya hanya dapat dimainkan pada komputer desktop sistem operasi Windows dan OS X. Plant VS Zombie sendiri dirilis pada tahun 2009, sedangkan Plant VS Zombie 2 dirilis pada tanggal 15 Agustus 2013 untuk berbagai sistem operasi komputer termasuk Android.

Permainan mobile games Plant VS Zombie 2 cukup sederhana dan sangat menarik untuk dimainkan. Anda akan terhibur dengan konsep permainan yang cukup unik ini. Anda akan ditantang untuk bermain strategi dalam mengatur Tanaman yang berfungsi untuk menahan laju Zombie, supaya tidak sampai masuk ke dalam Rumah.

Pemain harus dapat mengatur Tanaman yang disediakan sedemikian rupa seperti layaknya bercocok tanam. Namun, dalam permainan ini, Tanaman akan dapat melakukan berbagai hal sesuai dengan fungsinya masing-masing untuk menahan serangan para Zombie.

Semakin tinggi level permainan maka, permainan akan semakin menarik dengan level tanaman yang dapat di upgrade juga. Selain itu, Anda juga akan diberikan beberapa tool tambahan sebagai alat untuk mempertahankan Rumah dari serangan para Zombie.

Permainan ini juga menuntut para pemainnya untuk mengumpulkan koin emas dan gems (permata), nantinya, koin emas dan gems yang Anda kumpulkan dapat digunakan untuk membeli tools dan tanaman. Selain itu, Anda juga dapat melakukan upgrade tanaman ke level yang lebih tinggi untuk peforma yang lebih baik dalam menahan laju Zombie yang berusaha menguasai Rumah.

Plant VS Zombie cocok dimainkan oleh siapa saja, gamers pemula maupun yang sudah berpengalaman. Games ini dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam bidang Manajerial, Strategi dan Kecepatan Berpikir.

2. Alto’S Adventure


Game Tanpa Batas Bersama ASUS ZenFone Max Pro M1

Alto’S Adventure merupakan salah satu games yang cukup banyak mendapatkan peminat meskipun masih tergolong baru. Tampilan grafis yang baik, efek suara yang menarik dan cara memainkannya yang mudah membuat games buatan Snowman ini mampu menjadi salah satu games runner terbaik tahun 2015 versi Tech in Asia Indonesia.

Games ini pertama kali rilis pada tanggal 19 Februari 2015 untuk iOS dan pada September di tahun yang sama, dirilis untuk versi Androidnya. Alto’S Adventure mudah untuk dimainkan namun, cukup sulit untuk menyelesaikan berbagai rintangan untuk naik ke level berikutnya. kita akan dibawa berpetualang menggunakan Snowboard di pengunungan Alpen yang indah.

Konsep permainan dari mobile games ini juga sederhana, yaitu hanya mengendalikan papan Snowboard saat meluncur di pegunungan salju. Seperti games pada umumnya, Anda dapat mengumpulkan sejumlah koin emas (uang) yang dapat digunakan untuk membeli berbagai perlengkapan dengan level yang lebih tinggi. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk mengamankan Llama yang terdapat di pegunungan.

Pegunungan Alpen yang indah menjadi area menarik saat berseluncur menggunakan Snowboard bersama Alto. Efek suara yang bagus menambah kesan asiknya memainkan games Alto’S Adventures. Pemain dapat melakukan berbagai trik seluncur dengan kontrol permainan yang relatif mudah, yaitu : cukup dengan sentuhan ke layar smartphone. Anda dapat melakukan trik backflip dan jumping di area pegunungan. Selain itu, terdapat juga trick Grind di atas tali bendera yang memang disediakan di games ini.

Tersedia beberapa player yang bisa Anda mainkan namun, saat memulai start untuk pertama kalinya, Anda akan menggunakan player Alto. Setelah melewati beberapa tingkatan permainan, player yang lain akan terunlock (terbuka kuncinya).

Alto'S Adventure cocok dimainkan oleh gamer pemula maupun Profesional. Games ini dapat membuat anda rileks dan terhibur. Selain itu, games ini dapat melatih fokus dan kecepatan berpikir Anda.

Games yang dipertandingkan dalam cabang e-Sports di Asian Games 2018 antara lain : Arena Of Valor (AOV), Pro Evolution Soccer (PES), League Of Legends (LOL), Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft 2.

Masih sangat banyak games menarik lainnya yang tersedia di Play Store Android, pilihlah games yang dapat melatih kemampuan Anda dalam berpikir dan berkreativitas. Jangan memainkan games yang mengandung unsur Judi, Sex, Kejahatan dan berbagai hal negatif lainnya.

ASUS ZenFone Max Pro M1


Game Tanpa Batas Bersama ASUS ZenFone Max Pro M1

ASUS ZenFone Max Pro M1 merupakan produk smartphone terbaru dari ASUS. Dengan membawa sejumlah fitur unggulan yang dibawanya, termasuk dukungan CPU-GPU yang bagus akan membuat peforma ZenFone Max Pro M1 ini mampu memainkan berbagai games dengan baik pada sistem operasi Android. Meskipun berlabel smartphone gaming, bukan berarti ponsel pintar ini hanya digunakan untuk bermain games saja. ASUS ZenFone Max Pro M1 dapat digunakan untuk beragam aktivitas seperti layaknya smartphone pada umumnya.

Fitur Unggulan ASUS ZenFone Max Pro M1


Fiture Unggulan ASUS ZenFone Max Pro M1

1. Daya Tahan Baterai Super Lama
Dengan daya tahan baterai yang super lama, sangat tepat bila ASUS ZenFone Max Pro M1 mengusung tema Limitless Gaming. Karena, kita dapat bermain games dalam waktu lama tanpa perlu sering mengisi daya baterai smartphone.

Dibekali dengan baterai berkapasitas besar sampai 5.000mAh yang dikemas dengan ramping dan ringkas, sehingga tidak mengurangi etika keindahan dan keanggunan dari ZenFone Max Pro M1.

2.  Prosesor Yang Cepat Dan Tangguh
Smartphone games memang memerlukan kecepatan prosesor yang tinggi dengan daya tahan yang baik. Qualcomm Snapdragon SDM636 merupakan prosesor yang dibenamkan pada ASUS ZenFone Max Pro M1. Prosesor octa-core ini menawarkan performa yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya Snapdragon 625.

Anda tidak perlu ragu dengan kemampuan prosesor yang dimiliki ZenFone Max Pro M1, dijamin mampu menangani aplikasi games yang ada di Play Store Android dengan peforma yang maksimal. Selain itu, prosesor Snapdragon 636 juga memiliki efisiensi energi yang tinggi sehingga dapat dapat lebih hemat energi dan baterai smartphone menjadi lebih tahan lama.

3.  Full-View Display
Bermain games dengan layar yang lebar, tentu akan lebih menyenangkan. Smartphone memang tidak memiliki lebar layar seperti laptop/notebook. Namun, dengan adanya fitur Full-View Display diharapkan mampu memuaskan pengguna smartphone dalam melihat tampilan layar yang maksimal.

ASUS ZenFone Max Pro M1 memiliki bentang layar selebar 6 inchi, meskipun lebar bodinya hanya 5.5 Inch saja. Hal ini dapat dilakukan berkat fitur Fullview Display yang ada pada smartphone. Dengan resolusi Full HD+ 2.160 x 1080p dan rasio 18:9 jelas membuat ponsel pintar ini menjadi sangat menarik. Anda akan dimanjakan dengan tampilan layar yang maksimal dalam bermain game, nonton video maupun aktivitas lainnya.

4. Desain Elegan
Untuk menambah daya tarik para pengguna smartphone, Desain dari ASUS ZenFone Max Pro M1 pun dibuat se elegan dan ekslusif mungkin. Bodi terbuat dari metal yang kuat, dengan bobot 180 gram dan dimensi 159 x 76 x 8.46 mm. Bezel kanan dan kirinya tipis serta melengkung pada bagian sisinya (grip), sehingga sangat nyaman saat dipegang.

Peletakan tombol smartphone juga tertata dengan baik, mulai dari fingerprint di bagian belakang smartphone, tombol volume berada di sisi kanan smartphone bersama dengan tombol power, sedangkan di bagian bawah terdapat audio jack, grill speaker dan charger konektor. Secara umum desain pada perangkat smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1 sangat nyaman untuk digunakan.

5. Pure Android Oreo 8.1
Bila pada smartphone ASUS sebelumnya menggunakan sistem operasi Android yang sudah di custom dengan ZenUI khas ZenFone, kali ini ASUS menggunakan Pure Android 8.1 (Oreo). Karena masih murni Android dan belum di ubah, tentu saja masih sangat bersih dan bergas. Sejumlah fitur baru dari Android 8.1 pun dapat Anda nikmati pada smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1.

Selain fitur utama dari smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1 di atas, fitur lain yang bisa anda nikmati diantaranya adalah :

  • Background Limit : Berfungsi untuk mengurangi penggunaan aplikasi yang berjalan di background (belakang layar). Tujuannya adalah untuk menghemat penggunaan baterai smartphone.
  • Autofill : Fitur ini memungkinkan kita untuk dapat melakukan login secara otomatis tanpa perlu memasukan password dan username, mirip dengan autosave password yang ada di Google Chrome.
  • Piture In Picture (PIP) : Fitur ini memungkinkan kita untuk menjalankan dual aplikasi dalam satu waktu. Misalnya: Melakukan video calling sambil membuka aplikasi lainnya. Namun, fitur ini tidak dapat menjalankan video bersamaan dengan aplikasi lainnya.
  • Notification DOT : Setiap ada pesan atau notifikasi yang masuk akan terlihat tanda berwarna kuning di pojok kanan aplikasi. Hal ini akan memudahkan kita dalam mengenali pesan dan tidak ada pesan atau notifikasi yang akan terlewatkan. Ketika Kita menyentuh Notification DOT akan muncul menu popup yang menampilkan beberapa opsi masuk ke media sosial secara langsung, seperti pada 3D Touch milik iOS.
  • Google Play Protect : Mendeteksi dan menghapus aplikasi berbahaya secara otomatis.
  • Emoji : Terdapat 60 lebih emoji baru dan 30 emoji di desain ulang supaya terlihat lebih menarik.
  • Life Saver : Membuat daya tahan baterai menjadi lebih panjang.
  • Booting Lebih Cepat : Mampu melakukan booting 2x lebih cepat dari OS generasi sebelumnya.
  • Kamera : Terdapat fitur dual kamera yang mampu membuat foto Bokeh.

Harga Smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1


Dalam memilih smartphone gaming, salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah harganya. ASUS berusaha semaksimal mungkin untuk membawa smartphone berlabel Premium ini ke harga yang sangat terjangkau. Ada tiga varian dari ASUS ZenFone Max Pro M1, tentu dengan harga yang berbeda pula, yaitu :

  • ZenFone Max Pro M1 (3GB/32GB) dipasarkan dengan harga Rp2.199.000
  • ZenFone Max Pro M1 (4GB/64GB) dipasarkan dengan harga Rp2.599.000
  • ZenFone Max Pro M1 (6GB/64GB) Rp3.299.000 tersedia secara khusus didistribusikan oleh Erajaya

Anda dapat memilih salah satu varian dari ASUS ZenFone Max Pro M1 di atas sesuai dengan budget yang sudah Anda tentukan untuk membeli Smartphone Gaming.

Spesifikasi Hardware ASUS ZenFone Max Pro M1


Model ZenFone Max Pro M1 (ZB602KL)
Display, Resolution Full HD+ 2.160 x 1.080 pixel, 18:9 Full View Display
2.5D curve glass with 450nits
SoC Processor CPU Powerful 14nm Qualcomm Snapdragon 636 Octa Core Processor with  1.54x Antutu CPU score than SD625
SoC Processor GPU Qualcomm® Adreno™ 509 GPU
Memory RAM/Storage LPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM
LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM
LPDDR4 6GB RAM, 64GB ROM
Supports up to 256GB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)
Camera System - Rear (main) Camera 16MP (6G/64GB), 13MP (3G/32GB, 4GB/64GB), PDAF
Camera System - Rear (wide) Camera 5 Megapixel for bokeh mode
Camera System - Front camera 16MP (6G/64GB) , 8MP (3G/32GB , 4GB/64GB), softlight LED flash
Camera System - Camera feature PixelMaster 4.0 camera mode:
Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation
WirelessWLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face Recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope
SIM card and SD slot Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
Network FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM
Data rate:
DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support
GPS GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS Pure Android 8.1 Oreo 
Battery5.000mAh capacity
Audio / Microphone Loud speaker, PMIC internal amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver
Size / Weight 159 x 76 x 8.46 mm / 180 grams
Color Deepsea Black and Meteor Silver

Setelah melihat spesifikasi hardware dan harga yang ditawarkan oleh ASUS ZenFone Max Pro M1, kita pasti ingin memiliki smartphone Limitless Gaming tersebut untuk memuaskan selera kita dalam bermain Mobile Games. Dengan Peforma yang mumpuni, smartphone ini mampu mengangani berbagai masalah teknis saat bermain games. ASUS ZenFone Max Pro M1 memang smartphone recomended untuk Anda yang gemar bermain Mobile Games.

Penutup


Aplikasi Games menjelma menjadi sebuah market besar dengan pengguna yang sangat banyak. Smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1 hadir sebagai Media untuk memainkan berbagai games Android dengan baik. Bila Anda tekun dan ulet dalam bermain games, Anda dapat menjadi seorang Gamer Profesional yang dapat memperoleh penghasilan dari games yang Anda mainkan.

Bermain games komputer memang mengasikan, apalagi menggunakan perangkat smartphone yang bisa dibawa kemanapun Anda suka. Bermain games dengan tepat dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas Anda  namun, sebaliknya bermain games juga memiliki dampak negatif bila Anda tidak mengatur waktu dengan baik dan atau salah dalam memilih games yang tepat untuk Anda. Demikian, semoga bermanfaat.

0 komentar