Biografi "Ada Lovelace" Programmer Komputer Wanita Pertama di Dunia ( 1815 – 1852 )


Salah satu programmer wanita Dunia yang namanya sudah sangat terkenal di kalangan para programmer adalah Ada Lovelace. Ia adalah legenda programmer dengan karakter yang menawan yang selalu dikenang sepanjang masa.

Program komputer yang kita kenal sekarang ini berawal dari seorang Ada Lovelace bersama Barbbage yang membuat sebuah kode yang bisa menjalankan sebuah mesin.

Ada Loveace disebut sebagai programmer komputer wanita pertama DUNIA.

Lahir dengan nama Augusta Ada Byron dan selanjutnya lebih dikenal dengan nama Ada Lovelace , lahir di London Inggris pada tahun 27 November 1852.

Ayahnya yang bernama Lord Byron adalah seoarang penyair yang cukup terkenal kala itu. Setelah Kedua Orang Tuanya bercerai sebulan setelah Ada Lovelace Lahir, "Ada" tinggal bersama neneknya Judith Milbanke.

Neneknya sangat menyayangi "Ada" bahkan ketika ia sakit lumpuh pada tahun 1831 sang nenek dengan setia menemani "Ada Lovelace". Kasih sayang nenek tercurah sepenuhnya kepada "Ada" setelah Ibunya kurang begitu memperhatikan ADA LOVELACE.


AWAL KARIR ADA LOVEACE


Biografi Ada Lovelace ( 1815 – 1852 )Kemampuan Ada Lovelace mulai terlihat saat berusia remaja (17 tahun). Ia memang tertarik pada bidang MATEMATIKA sejak kecil dan memiliki kemampuan yang luar biasa di bidang tersebut.

Salah seorang guru Ada, Augustus De Morgan, sampai meminta agar ia lebih diarahkan ke bidang tersebut karena De Morgan melihat ada bakat istimewa dalam diri Ada.

Singkat cerita, akhirnya ia bertemu dengan seorang matematikawan asal Inggris ( Charles Babbage ) yang pertama kali mengemukakan mengenai program komputer. Ada tertarik dengan program komputer yang diberi nama "Difference Engine" yang tengah dijalankan oleh babbage.

Sebaliknya Babbage sangat kagum dan terpesona dengan bakat yang dimiliki ADA LOVELACE dan kemudian memberi julukan pada Ada yaitu "The Enchantress of Numbers".

Antara tahun 1842-1843 Ada Loveace menerjemahkan sebuah artikel karangan matematikawan ITALIA Luigi Menabrea yang berisi hal-hal yang berhubungan dengan MESIN,  dari sinilah cikal bakal penemuannya.

Saat ia memperlihatkan hasil terjemahannya kepada Babbage, ia menyarankan untuk menambah catatan sendiri pada artikel tersebut. "Ada" pun menulis catatan tambahan dengan panjang tiga kali artikel aslinya.

Ada lovelace kemudian menerbitkan sebuah artikel yang berisi prediksi tentang sebuah mesin yang bisa digunakan untuk menulis musik yang kompleks, membuat gambar grafis dan memudahkan perhitungan dan ternyata ia memang benar.  Sekarang komputer bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti diatas.

Apa yang dilakukan oleh ADA LOVELACE dalam kajian artikel tersebut merupakan kajian awal dari "program komputer pertama di Dunia" yang juga mengenai algoritma pertama yang dikodekan untuk di proses di mesin.

Tidak hanya itu, "Ada" juga menulis penjelasan awal tentang komputer dan perangkat lunak, serta menambahkan catatan mengenai metode kalkulasi nomor Bernoulli pada mesin yang dikembangkan Babbage tersebut. Karena hal itulah Ada dikenal sebagai "programmer komputer pertama di dunia".

Keberadaan Babbage sangat berpengaruh dalam perkembangan karir Ada Lovelace. Ia banyak memberi saran yang positif dan sangat mendukung "Ada".

Apa yang dihasilkan ADA LOVELACE memiliki peran yang penting untuk perkembangan awal komputer.

KEHIDUPAN ADA LOVELACE


Biografi Ada Lovelace ( 1815 – 1852 )Seperti yang kita ketahui sebelumnya, setelah satu bulan kelahiran Ada Loveace ayah dan ibunya bercerai dan kemudian ia diasuh oleh Ibu dan neneknya. Namun Ibu ADA tidak begitu memperhatikan ADA, hanya neneknya yang mengasuh ADA dengan penuh kasih sayang.

Saat ADA berusia 7 tahun neneknya meninggal dunia dan hal itu membuat ada sedih dan harus menjalani hidup yang susah dan berat. ADA sering mengalami sakit saat masih kecil hingga dewasa.

Ibu ADA merupakan seorang yang cerdas dan ia mengajarkan pada ADA ilmu matematika. ADA lahir dari Ayah dan Ibu yang cerdas namun sayang kehidupan kecil ADA sangat memprihatinkan.

Ayah ada Loveace meninggalkan Inggris untuk selamanya dan meninggal di Yunani ketika Ada berusia 8 tahun. Hal itu tidak diketahui oleh keluarga Ada Loveace.

Ibu ADA mengharapkan supaya anaknya mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang bagus dan ia bersikap keras terhadap ADA akan hal ini. Kesempatan itu tampaknya sirna, karena di  United Kingdom's Universities tidak ada tempat untuk seorang wanita belajar disana.

Namun, bagi gadis-gadis dari golongan orang kaya, keluarga bangsawan bisa dididik sampai tingkat tinggi oleh Guru Privat. Dengan cara inilah Ada memperoleh Pendidikan.

Ibu ADA ingin ia berkonsentrasi untuk mempelajari ilmu matematika dan sains dengan alasan , Itu adalah pelajaran favorit ADA LOVEACE.

Karena masa kecilnya yang cukup memprihatinkan terutama perceraian kedua orang tuanya, Ibunda ADA ingin ia jauh dari dunia Ayahnya seperti : Puisi.

Selain itu Ibunda ADA juga mengarahkan anaknya untuk belajar musik dan bahasa Prancis karena hal itulah yang diinginkan ADA LOVEACE.

Lady Byron sangat ketat terhadap ADA, hal itu bertujuan supaya anaknya mempunyai disiplin yang tinggi dan menjadi orang yang serius tidak seperti Ayahnya.

Ada Loveace kemudian menikah dengan Willian King yang kemudian menjadi Earl of Loveace tiga tahun kemudian. Sebagai seorang ibu dengan tiga anaknya yang masih berusia dibawah 8 tahun, Ada Loveace bukanlah seorang yang manja dan pemalas.

Suaminya sangat mendukung kehidupan "Ada" akan upaya nya dala dunia akedemis, ia bahkan memjalin hubungan sosial dengan pemikir-pemikir dunia seperti Michael Faraday dan Penulis terkenal Charles Dickens.

Kesehatan "Ada" mulai memburuk setelah terserang penyakit kolera pada tahun 1837. Memang sejak lama ia tela menderita ASMA dan sistem pencernaannya mengalami gangguan.  "Ada" diberi Dokter obat penghilang rasa sakit seperti Laudanum dan Opium, namun sejak saat itu kepribadian "Ada" mulai berubah dan sering mengalami halusinasi.

Ada Loveace meninggal pada tahun 1852 dengan usia 36 tahun, sama seperti Ayahnya yang meninggal pada usia 36 tahun juga.  Ia menderita kanker rahim yang parah hingga akhirnya meninggal dunia. Atas permintaanya ia dimakamkan di sisi makam Ayahnya disebelah  di Gereja ST. Mary Magdalene di Hucknall, Nottinghamshire.

Kontribusi "Ada" Loveace terhadap ilmu komputer tidak banyak ditemukan dan diperbincangkan hingga samapi tahun 1950, Catatannya yang diperkenalkan kembali ke dunia oleh B.Y. Bowden yang diterbitkannya kedalam Faster Than Thought. Sebuah Simposium Digital Mesin Komputasi pada tahun 1953.

PENGHARGAAN TERHADAP ADA LOVEACE


  • Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat memberi nama bahasa pemrograman komputernya dengan nama "Ada".
  • Pada tahun 2008, British Computer Society menggelar kompetisi ilmu komputer bagi siswa perempuan secara rutin tiap tahunnya dan menamai medalinya dengan nama “Ada”.
  • Setiap pertengahan Oktober, digelar acara “Ada Lovelace Day”, sebuah acara yang bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan perempuan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika.

Referensi :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Ada_Lovelace
  2. https://www.agnesscott.edu/lriddle/women/love.htm
  3. http://www.famousscientists.org/ada-lovelace/
  4. http://www.biography.com/people/ada-lovelace-20825323

0 komentar