5 Macam Bentuk Pelangi yang Unik

Indahnya warna-warni pelangi me-ji-ku-hi-bi-ni-u , Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu membuat Pelangi sangat digemari oleh para penikmat panorama alam. Dari usia muda hingga dewasa pasti akan takjub melihat keindahan fenomena alam yang satu ini dan biasanya pelangi muncul dalam waktu yang tidak begitu lama, maka dari itu saat kita melihat pelangi hentikan langkah mu sebentar untuk menikmati keindahan fenomena alam tersebut.

Pelangi biasanya terlihat ketika suhu udara sangat panas dan turun hujan gerimis dan kita membelakangi matahari . Selain itu, pada cuaca berkabut atau berembun, pelangi juga kerap muncul.

Proses Terjadinya Pelangi


Dalam ilmu fisika, terjadinya pelangi disebut sebagai pembiasan alam, yaitu penguraian suatu sumber cahaya, sehingga menjadi beberapa rona cahaya nan disebut sebagai spektrum cahaya.

Matahari sebenarnya memancarkan cahaya nan bersifat polikromatik atau memiliki berbagai rona sebab setiap rona cahaya itu memiliki panjang gelombang nan berbeda, lalu terpancar secara bersamaan, maka gabungan warna-warna itu terlihat seakan berwarna putih.

Ketika cahaya itu dibiaskan, maka warna-warna nan terkandung dalam cahaya matahari itu akan terurai, mata manusia setidaknya dapat menangkap tujuh rona nan terurai dari cahaya matahari, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Pada sebuah pelangi tersusun pola rona nan biasanya baku, yaitu rona merah selalu berada pada salah satu sisi dan rona ungu di sisi lainnya. Hal ini sebab disparitas panjang gelombang pada tiap-tiap warna, merah paling panjang dan ungu paling pendek, sehingga rona merah selalu terlihat berada di susunan nan paling atas sedangkan rona ungu berada di paling bawah.

Ketika terjadi pelangi, posisi paling ideal buat mengamati pelangi ialah di antara matahari dan tetesan air hujan, pengamat harus membelakangi matahari. Pusat busur pelang, pengamat, dan matahari harus berada dalam satu garis lurus. Dalam posisi seperti ini warna-warna akan terlihat lebih tajam.

Referensi :
  1. http://www.binasyifa.com/879/47/26/macam-macam-pelangi.htm

CLASSIC RAINBOW


Masih sering melihat pelangi sehabis Hujan? pelangi seperti ini sering kita lihat dan banyak di jumpai di berbagai wilayah dan kita menyebutnya sebagai Classic Rainbow.

5 Macam Bentuk Pelangi yang Unik
Gambar : alfiansyahanwar.com

Berbagai Macam Bentuk Pelangi yang unik


1. Pelangi Putih


Pada Umumnya pelangi berwarna - warni dengan berbagai macam warna yang menarik untuk dilihat. Namun ada jenis pelangi yang tidak seperti biasanya yaitu PELANGI PUTIH. Pelangi ini tidak memiliki warna-warni seperti pelangi pada umumnya.

5 Macam Bentuk Pelangi yang Unik
Gambar : liputan6.com

Pelangi ini pertama kali diabadikan dalam bentuk foto oleh pria asal Scotlandia yang bernama Richard Toulson, (53) saat sedang berjalan - jalan di dekat Dumfries dengan memakai kamera ponsel miliknya.

Berikut kutipan pernyataan Richard Toulson :
“Awalnya saya melihat kabut tebal atau kabut cahaya di sebuah lembah di Collochan,” katanya.

“Setelah saya menuruninya, saya melihat pelangi aneh dalam kabut,” imbuhnya.

“Meskipun bentuk yang sama seperti pelangi, namun pelangi itu tidak memiliki warna lain selain putih,” kata  pria berusia 53 tahun tersebut.

“Itu cukup menakutkan. Saya belum pernah melihatnya sebelumnya,” tambahnya.

Refensi :
  1. http://uniqpost.com/160691/foto-fenomena-langka-pelangi-berwarna-putih/

2. Pelangi Berbentuk Sayap Burung


Biasanya pelangi berbentuk setengah lingkaran dengan warna-warni nya yang memukau, Namun di di daerah South Carolina, Isle of Palms, Amerika Serikat muncul pelangi yang berbentuk menyerupai sayap burung dan bisa dilihat cukup lama hingga sampai satu jam lebih.

5 Macam Bentuk Pelangi yang Unik
Gambar : wajibbaca.com

Fenomena ini sering disebut dengan busur circumhorizontal. Fenomena seperti ini pertama kali muncul pada tahun 2006 di Washington, Amerika Serikat. Pelangi ini hanya bisa muncul di awan cirrus dengan ketinggian 18.000 kaki. Mereka muncul secara sedkit demi sedikit dan terbuat dari kristal es kecil.

Pelangi seperti ini hanya mencul di daerah-daerah tertentu saja dan sangat jarang terjadi.

Referensi :
  1. http://www.wajibbaca.com/2015/08/unik-pelangi-berbentuk-sayap-burung-ini.html

3. Fenomena Pelangi di Malam Hari


Mungkin kita tidak pernah menemui pelangi di malam hari. Di Zimbabwe terdapat sebuah air terjun yang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia yang bernama Air Terjun Victoria. Salah satu keunikan air terjun ini adalah munculnya pelangi yang melingkar diatas air terjun dan uniknya lagi ini hanya terjadi dimalam hari.

Keunikan alam yang dikenal dengan nama "moonbow" ini berhasil di abadikan dalam bentuk foto oleh Fotografer Charlie Hamilton James saat menuju Cataract Island di Zambezi River. Ia mengaku tidak mudah mendapatkan foto tersebut. Pasalnya, butuh perjuangan untuk menjangkau lokasi dan beberapa hari memotret.

Bila dilihat dengan mata telanjang, pelangi ini terlihat biasa saja karena hanya seperti busur putih tanpa warna di dalamnya. Namun ketika di lihat menggunakan kamera munculah keindahan dari pelangi tersebut. Sungguh menakjubkan bukan?

"Moonbow" terjadi saat sinar bulan menimpa butiran air dan hal ini dapat terlihat saat bulan hampir penuh atau purnama.

berikut beberapa foto dari moonbow:

5 Macam Bentuk Pelangi yang Unik
Gambar : makinseru.com

5 Macam Bentuk Pelangi yang Unik
Gambar : makinseru.com

5 Macam Bentuk Pelangi yang Unik
Gambar : makinseru.com

5 Macam Bentuk Pelangi yang Unik
Gambar : makinseru.com

5 Macam Bentuk Pelangi yang Unik
Gambar ; makinseru.com

Referensi :
  1. http://makinseru.com/unik-fenomena-pelangi-di-malam-hari/

4. Red Rainbow atau Pelangi Merah


Sesuai dengan namanya, pelangi merah memiliki warna kemerahan seperti warna cahaya di waktu senja. Pelangi ini muncul di saat Fajar atau Senja saat atmosfer bumi masih dalam keadaan biru atau merah. Pelangi ini terbentuk akibat adanya air yang ada di langit pada pagi hari atau kita sering menyebutnya dengan embun.

5 Macam Bentuk Pelangi yang Unik
Gambar : alfiansyahanwar.com

Referensi :
  1. http://deahanifas.blogspot.co.id/2015/03/pelangi-pelangi-indah-yang-jarang.html

5. Pelangi Awan


Pelangi yang satu ini terbentuk tanpa melalui proses hujan terlebih dahulu, Namun pelangi Awan terbentuk secara alamiah di dalam Awan. Kita dapat melihat pelangi Awan saat cahaya matahari menembus butiran air yang terdapat di dalam awan. Kita akan sering menjumpai pelangi yang indah ini di atas lautan dimana awan yang terbentuk memiliki butiran air yang banyak.

5 Macam Bentuk Pelangi yang Unik
Gambar : alfiansyahanwar.com

Keindahan Pelangi Awan terdapat pada lengkungannya yang indah dan juga rentangannya yang luas dan menyebar.

Referensi :
  1. http://segiempat.com/aneh-unik/unik/jenis-jenis-pelangi-terindah-di-dunia/

Bila anda belum pernah melihat pelangi secara langsung, coba anda keluar saat sehabis hujan atau gerimis namun sinar matahari tetap bersinar dengan terang, biasanya akan muncul pelangi di saat seperti itu.

so.. enjoy your time :)

0 komentar