Silicon Valley 'Tempat Berkumpulnya Perusahaan Elit Dunia'

Silicon Valley 'Tempat Berkumpulnya Perusahaan Elit Dunia' - Mungkin anda pernah mendengar istilah atau nama Silicon Valley.  Atau barangkali anda pernah berkunjung ke sana dan melihat langsung tempat berkumpulnya perusahaan-perusahaan elit dunia ini. Ya, Silicon Valley adalah istilah atau julukan bagi daerah yang terletak di daerah selatan San Fransisco Amerika Serikat, dimana banyak perusahaan elit dunia yang menghuni daerah tersebut.

Kawasan ini menjadi terkenal karena banyaknya perusahaan besar yang bermukim disana sebut saja : HP, Fairchild Semiconductor, Xerox PARC dan Apple Computer.

sebagai mesin pencari jaringan internet
Gambar dari ~ Flickr

Asal Nama Silicon Valley


Nama Silicon Valley yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah Lembah Silikon. Nama ini pertama kali digunakan oleh salah seorang pengusaha sukses asal California yang bernama Ralph Vaerst. Selanjutnya nama Silicon Valley menjadi terkenal setelah Don Hoefler, teman dari Ralph Vaerst menggunakan nama tersebut dalam sebuah artikel yang ia tulis. Artikel dengan judul "Silicon Valley in the USA" tersebut terbit pada tanggal 11 Januari 1971 di koran mingguan "Electronic News" dan istilah Silicon Valley kemudian di gunakan oleh banyak orang termasuk mereka yang tinggal di kawasan tersebut.

Sekilas Tentang Silicon Valley


Kawasan ini terdiri dari San Jose, Santa Clara, Sunnyvale, Palo Alto dan beberapa daerah lain yang menerima efek dari kegiatan penelitian yang dilakukan oleh pihak Stanford University. Dimulai dari dua orang pendiri Hewlett-Packard (HP) yaitu Hewlett dan Packard, yang melakukan penelitian dan akhirnya mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang elektronik pada tahun 1920.

Perusahaan HP tersebut akhirnya berkembang dengan pesat dan menjadi perusahaan besar. Tentu saja hal ini menarik perhatian banyak kalangan dan ingin meraih sukses seperti perusahaan HP. Hal itu terbukti dengan banyaknya perusahaan besar yang bermukim di kawasan Silicon Valley hingga saat ini. Nama lain dari tempat ini adalah "Lembah Kesempatan", mereka menyebutnya demikian karena disinilah mereka memiliki banyak kesempatan untuk menjadi besar.

Perusahaan-Perusahaan besar yang bermukim di sana antara lain :
  • Intel yang bergerak dalam bidang semikonduktor
  • Sun Microsystems yang mengembangkan sistem perangkat workstations
  • Oracle dalam bidang perangkat lunak berbentuk database
  • Silicon Graphics dengan desain grafis 3D nya
  • Yahoo! sebagai mesin pencari jaringan internet
  • Google sebagai mesin pencari jaringan internet
  • 3Com dalam bidang komputer jaringan
  • Cisco Systems dalam bidang komputer jaringan

Kata Silicon Valley merupakan gabungan dua kata Silicon dan Valley. Bila kita lihat lebih jauh, nama Silicon yang berarti Silikon merupakan bahan dasar dalam pembuatan komponen-komponen elektronik sedangkan Valley berarti lembah yang menggambarkan letak geografis tempat tersebut yaitu Santa Clara Valley. Bila kita mendengar kata Silicon Valley, maka dengan cepat kita akan berpikir tentang Lembah Silikon dan bila kita tarik lebih luas mengenai arti kata tersebut, Silicon Valley merupakan sebuah tempat yang berisi benda-benda yang terbuat dari Silikon. Tentu saja Silikon yang kita maksud bukan dalam bentuk mentahan, namun berupa produk elektronik yang terbuat dari Silikon.

Fakta-Fakta Menarik Tentang Slicon Valley 


Banyak hal yang menarik tentang Silicon Valley, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kawasan Elit tempat berkumpulnya Perusahaan Teknologi Informasi

2. Tempat penelitian dan riset bagi para peneliti dunia dalam bidang teknologi. Tempat ini juga disebut "Tempat Kelahiran Pusat Teknologi Dunia".

3. Terdapat nama-nama jalan yang berhubungan dengan Indonesia
  • Jalan JAVA ( W. JAVA) ~ Penggunaan nama JAVA sebagai bentuk penghargaan atas ditemukannya bahasa pemrograman JAVA yang saat ini dikembagkan oleh perusahaan sun microsystem. Penemu bahasa pemrograman JAVA "James Gosling" terinspirasi saat sedang menikmati kopi asli (kopi tubruk) yang berasal dari Jawa (Indonesia).
  • Jalan Sumatra ~ Kemungkinan nama jalan ini dipakai sebagai bentuk penghargaan terhadap pulau Sumatra yang terkenal sebagai penghasil kopi terbaik di dunia. Mungkin sebagian besar karyawan disana merupakan penikmat kopi dan pemburu kopi terbaik sampai akhirnya menemukan kopi dengan kualitas tinggi seperti kopi Sumatra.
  • Nama jalan lainnya yang berhubungan dengan Indonesia adalah Jalan Timor, Malucca dan Borneo.
4.  Nama Silicon Valley mulai digunakan secara luas pada tahun 1971.

5. Silicon Valley tidak hanya sebagai tempat pembuatan benda elektronik, namun banyak pengembang perangkat lunak yang bermukim disana.

6. Salah satu sisi negatif dari Silicon Valley adalah keberadaan limbah industri yang tidak ditangani dengan baik hingga menimbulkan pencemaran.

7. Kota San Jose secara luas dianggap sebagai ibukota Silicon Valley, dan kota-kota lain seperti Cupertino, Palo Alto, Los Altos, Livermore, Mountain View, Santa Clara, Sunnyvale juga dikelompokkan dalam Silicon Valley.

Penutup


Silicon Valley merupakan tempat yang menarik untuk kita ketahui. Banyaknya perusahaan besar dunia membuat tempat ini sering dibicarakan oleh masyarakat luas dan banyak yang ingin bekerja atau melakukan penelitian disana. Demikian sekilas tentang Silicon Valley semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Referensi :

  1. http://www.plimbi.com/news/152762/penjelasan-dan-sejarah-silicon-valley
  2. http://fery-dedi.blogspot.com/2012/04/fakta-unik-nama-jalan-di-lembah-silikon.html
  3. http://www.amazine.co/24453/silicon-valley-fakta-sejarah-informasi-lainnya/

0 komentar