Biografi Linus Tovards Programmer Pembuat Kernel Linux

Nama Linus Tovards menjadi terkenal setelah berhasil membuat kernel sistem operasi Linux. Sistem operasi komputer yang berbasis open source ini terus mengalami peningkatan dalam jumlah pengguna , pengembang serta dukungan dari produsen IT Dunia seperti IBM ,HP,DELL dan SUN.

Lalu siapakah Linus Tovards itu ?


Lahir dengan nama Linus Benedict Torvalds di Helsinki Finlandia pada tanggal 28 Desember 1969. Mahasiswa Universitas of Helsinki , Finlandia itu berhasil membuat kernel linux yang kemudian ia bagikan melalui internet dan memperoleh respon yang baik dari para programer.

Nama Linus Torvads kemudian digunakan sebagai nama Sistem Operasi Komputer buatannya yaitu LINUX.

Tak perlu menunggu lama sejak dibagi-bagikannya  kernel linux buatan Linus Torvalds melalui internet ( 1991 ) maka Linux segera memperoleh banyak pendukung dan pengembang.

Jadi bapaknya Linux ya ini si Linus Tovarlds , bila Anda mencari programmer top dunia maka jangan lewatkan nama yang satu ini ya,."LINUS TORVALDS"

Biografi Linus Tovards Programmer Pembuat Kernel Linux


Awal kehidupan Linus Torvalds


Memang sudah jadi hobi dari Linus dalam dunia pemrograman komputer , ia sudah menggelutinya sejak usia 10 tahun. Waktu itu ia menggunakan komputer milik kakeknya "Commodore VIC-20.

Sejak masuk bangku kuliah di Universitas of Helsinki , ia mempelajari bahasa pemrograman C pada tahun 1990 dan pada tahun 1991 ia mulai menguatak-atik komputer PC pertamanya.

Awalnya PC yang dimiliki Linus menggunakan MS-DOS Sistem, namun linus lebih suka menggunakan UNIX seperti yang digunakan pada komputer Universitas.

Tidak puas dengan sistem operasi komputer yang dimilikinya, ia kemudian membuat versi baru dari sistem operasi Unix dan setelah berbulan-bulan lamanya akhirnya membuahkan hasil.

Nama Linux merupakan perpaduan dari Linus dan Unix, sedangkan logo yang digunakan Linux memiliki nama "TUX" yang merupakan kependekan dari Torvalds Unix.

Logo TUX yang bergambar hewan penguin sedang bersantai ini merupakan ide dari seorang seniman yang benama Larry Ewing lalu James Hughes memilih logo tersebut dan didaftarkan untuk menghindari pemalsuan.

Perkembangan Linux dan karir Linus Tovarlds


Sejak dikeluarkannya kernel linux pada tahun 1991 , Linux terus mengalami kemajuan , perkembangan dan perbaikan serta modifikasi Sistem dari para programmer dunia.

Linus Torvalds pun merasa senang karena kernel linux dapat diterima kalangan pengguna komputer di seluruh dunia.

Meskipun pada awalnya linux merupakan sistem operasi yang sulit digunakan bila dibandingkan dengan windows maupun Mac-OS, namun seiring perkembangan, kini OS-Linux sudah memiliki tampilan yang user- friendly ( Mudah untuk digunakan ). Linux menjadi semakin digemari dan banyak pengguna Windows maupun MAC -OS yang beralih ke Sistem Operasi Linux.

Linux berkembang pesat karena dukungan dari para pengembang di seluruh dunia. Linus Torvalds sendiri tidak menyangka bila kernel linux buatannya dapat berguna banyak bagi kalangan pengguna komputer.

Kini linus Torvarlds semakin bersemangat untuk terus mengembangkan dan Memperbaiki sistem Linux dan Ia sangat senang linux buatannya dapat mendatangkan penghasilan bagi para pengembang di seluruh dunia.

Pada akhir tahun 1990 -an kompetitor microsoft mulai melirik linux dan mengembangkan sistem operasi tersebut secara serius. Perusahan Netscape communication, Corel, Oracle, Intel dan perusahaan-perusahaan lain mengumumkan bahwa mereka berencana untuk men-suport Linux sebagai alternatif yang tidak semahal Windows.

Tahun 1999 Linus Torvalds mengerjakan proyek rahasia di perusahaan Transmeta Corp. yang dimiliki oleh salah satu pendirinya yaitu Paul Allen. Pada tahun ini pula sistem operasi linux telah digunakan pada 7 juta komputer.

Linux lalu meninggalkan perusahaan Transmeta dan kini tinggal bersama istri dan 3 orang anaknya di sebuah bukit di desa di Portland, Oregon, USA, berdekatan dengan markas Open Source Development Labs.

Organisasi nirlaba ini diawaki oleh 20-an programmer yang punya gairah hampir sama dengan Linus. Mereka terus mengembangkan kernel Linux yang kini berukuran 290-an MegaBytes atau melebihi 9 miliar baris kode.

Linux beserta timnya menerima masukan baris-baris kode dari seluruh penjuru dunia, menyortir, menetapkan skala prioritas dan memasukkan gagasan paling brilian ke dalam kernel. LSD sendiri disokong oleh puluhan raksasa IT seperti IBM, HP, Dell dan Sun, baik dari sisi materi maupun sumber daya manusia.

Meskipun Linus Torvalds bukan yang pertama dalam hal membagi-bagikan source kode program , namun ia berhasil menetapkan standar yang memaksa  banyak pengembang ikut membebaskan kode sumber program mereka, mulai dari BSD, Solaris, Suse, Java hingga Adobe.

Pribadi Linus Torvalds


Linus Torvarlds seorang yang sederhana dan rendah hati. Sewaktu muda ia dikenal sebagai pemuda yang pendiam. Meskipun gajinya tidak begitu wah (untuk ukuran programmer top Dunia), kisaran ratusan ribu dollar pertahun , namun ia bangga telah membuat banyak orang menjadi milyader lewat kernel linux temuannya tersebut.

redHat, Suse, Debian, Mandrive , Ubuntu dan banyak developer software open source lainnya. 

Pribadinya banyak disukai oleh kalangan programmer, sederhana , ramah dan tidak sombong. Hal tersebut dapat kita lihat saat ia menghadiri suatu kenferensi IT. Ia datang terlambat dalm konferensi tersebut, namun ia tidak segan untuk duduk di lantai dengan celana pendek dan sepatu - sendal kesukaannya.

Biografi Linus Tovards Programmer Pembuat Kernel Linux

Linus Torvalds juga seorang yang penyabar, tatkala ia di interupsi oleh beberapa programmer BSD saat sedang berpidato, ia menunjukkan sikap yang tenang. Kala itu programmer BSD mengklaim bahwa kernel BSD jaug lebih hebat ketimbang kernel linux, namun Linus Torvalds tidak marah karenanya.

Bahkan ia memakai T-Shirt BSD yang di kasih programmer BSD dan melanjutkan pidatonya.

Linus hanya ingin berbagi kepada khalayak umum dalam pemakaian sebuah software yang bersifat terbuka. Setiap kata-kata Linus Torvalds hampir menjadi panutan bagi para linuxer untuk membuat standar tertentu pada linux.

Pada 24 April 2012, Linus terpilih sebagai salah satu dari dua penerima penghargaan Millennium Technology Prize 2012, sebuah penganugerahan sekelas penghargaan Nobel di dunia teknologi.

Referensi :
  1. http://pintarkomputer.com/
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Linus_Torvalds

0 komentar