5 Jenis Sepeda Yang Sering Kita Jumpai di Tempat Umum

Sepeda sebagai sarana transportasi yang sering kita jumpai di tempat-tempat umum merupakan salah satu alat transportasi favorit saya. Selain simple, murah, bentuknya yang sederhana dan klasik, sepeda juga tidak menimbulkan polusi udara. Dengan menggunakan sepeda tentu lebih sehat bila dibandingkan menggunakan kendaraan bermotor.

1. Sepeda Kota ( City Bike )


Sesuai dengan namanya City Bike memang didesign untuk digunakan di daerah Perkotaan dengan tekstur jalan yang mulus, beraspal dan tidak berlubang. Sepeda ini memiliki bentuk yang sederhana dan tanpa suspensi karena memang tidak dirancang untuk menghadapi benturan.

5 Jenis Sepeda Yang Sering Kita Jumpai di Tempat Umum
Gambar : domainjelek.blogspot

City Bike memiliki Fiture yang cukup lengkap dan cocok dipakai untuk jalan-jalan santai atau berangkat kerja di daeraah perkotaan. Kelengkapan yang dimiliki City Bike antara lain :

  • Fender
  • Pelindung Rantai
  • Pelindung Rock ( Pakaian bawah Wanita ) pada roda belakang
  • Lampu Depan dan Belakang + Generator
  • Boncengan di bagian belakang Sepeda  yang digunakan untuk berboncengan atau menaruh barang bawaan.

Sepeda ini juga sering disebut sepeda "Belanda" karena mirip dengan sepeda yang dipakai oleh masyarakat  "Amsterdam" yang terkenal sebagai pengguna sepeda dala menjalankan aktivitasnya ( Ramah Sepeda )

2. Sepeda Gunung ( Mountain Bike)


Sepeda ini lebih ke arah sepeda sport dan cocok untuk di pakai pada area perbukitan atau daerah yang memiliki jalan yang tidak rata dan berbatu. Namun dalam penggunaanya kita sering menjumpai sepeda jenis ini pada daerah perkotaan juga, hal tersebut lebih ke arah selera dan gaya saja.

5 Jenis Sepeda Yang Sering Kita Jumpai di Tempat Umum
Gambar :en.wikimedia.org

Sepeda jenis ini sering di sebut Cross Country ( XC ), dan memang dirancang untuk melalui medan yang berat. Beberapa kelebihan dari sepeda ini antara lain :

  • Memiliki Suspensi depan dan belakang (full-suspension) untuk menahan benturan
  • Rangka yang kuat
  • Roda lebih lebar untuk menstabilkan keseimbangan, namun tidak selebar sepeda Downhill.
  • Rem depan dan belakang dengan teknologi canggih seperti : cakram

Sepeda Downhill hampir sama dengan sepeda gunung, namun memiliki roda yang lebih lebar dan rangka yang lebih kuat. Sepeda ini didesign untuk menuruni bukit dan tidak  cocok untuk di pakai di perkotaan karena akan membuat pengendara sepeda tersebut cepat lelah

3. Sepeda BMX ( Bicycle Motor Cross )


Sepeda jenis ini sudah sangat poluler di kalangan masyarakat Indonesia, terlebih ada sinetron  berjudul BMX yang di putar di salah satu stasiun televisi swasta.  BMX merupakan sepeda untuk berbagai kalangan dari ank kecil , remaja , dewasa , bahkan kakek-kakek juga bisa pakai sepeda ini .hehehe.

5 Jenis Sepeda Yang Sering Kita Jumpai di Tempat Umum
Gambar : en.wikimedia.org

Coba kita lihat di lingkungan sekitar atau dijalan - jalan besar , pasar dan tempat umum lainnya yang biasa kita temui orang berkendara sepeda, kemungkinan besar ada yang pakai sepeda BMX. Tidak mengenal usia tidak mengenal jenis kelamin, BMX memang sudah merakyat di negara ini.

Kelebihan sepeda BMX antara lain :

  • Rangka Kuat
  • Ukuran sepeda Relatif kecil sehingga mudah digunakan terutama oleh anak-anak
  • Dapat digunakan untuk atraksi lompat dengan berbagai macam gaya

4. Sepeda Balap


Sepeda ini digunakan khusus untuk balapan dan memang ditujukan buat para pembalap sepeda atau yang memiliki hoby balapan sepeeda. Sepeda ini memiliki berat yang relatif lebih ringan dari sepeda pada umumnya. Berikut beberpa fiture yang dimiliki sepeda jeni Balap :

  • Berat Ringan
  • Roda ( Ban ) Ramping
  • Drop setang halus

5 Jenis Sepeda Yang Sering Kita Jumpai di Tempat Umum
Gambar : domainjelek.blogspot

Meskipun sepeda ini bisa dikendarai di jalan beraspal atau jalan umum, namun sebagian berpendapat bahwa sepeda jenis ini tidak nyaman dan tidak stabil pada jalan beraspal dan kebanyakan tidak mampu membawa beban yang berat.

5. Cruiser Bike


Cruiser Bike merupakan Sepeda yang dirancang untuk bersepeda santai di lingkungan sekitar rumah. Bentuknya merupakan paduan dari beberapa jenis sepeda lain. Sepeda ini memiliki unuran ban yang lebih lebar dan stang tegak dengan pegangan bengkok. Ada yang memiliki Gir percepatan ada yang hanya memiliki gir tunggal. Sepeda jenis ini ada yang menggunakan Rem jenis Coaster Kuno ( Anda harus menggerkan pedal kebelakang untuk menghentkan laju sepeda ). Sepeda ini memiliki rancangan dengan berbagai aksesoris yang unik sesuai dengan selera pasar.

5 Jenis Sepeda Yang Sering Kita Jumpai di Tempat Umum

Penutup


Beberapa Jenis Sepeda lainnya merupakan paduan dari Jenis - Jenis sepeda diatas. Sebagai alat transportasi darat Sepeda merupakan salah satu penemuan besar  yang sampai sekarang masih terus digunakan dan dikembangkan.

Aku Bangga Pakai Sepeda dan Aku Tidak Lelah Untuk Terus Mengayuh Sepeda.

Itulah semboyan yang harus kita dengung - dengungkan terus saat kita sedang bersepeda ria untuk kesehatan, untuk kebersihan udara kita. Di kota -kota besar yang ramah sepeda, seperti Amsterdam dan bebeapa kota di Eropa lainnya, sepeda merupakan alat transportasi utama untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Sekian - Terima kasih

Referensi :
  1. https://rcpro.wordpress.com/articles/cycling/jenis-sepeda-berdasarkan-fungsi-dan-penggunaannya/
  2. http://rcpro.wordpress.com/

0 komentar