Sungai Nil, Sungai terpanjang di Dunia (6.500 KM)

Sungai merupakan bagian dari alam yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Keberadaan sungai memang tidak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari dari masyarakat dengan memanfaatkan fungsi sungai antara lain : sebagai sumber air minum dan pengairan, sarana transportasi air, tempat mencari sumber makanan dan lain sebagainya.

Salah satu sungai yang sangat terkenal di dunia adalah sungai NIL yang merupakan sungai terpanjang di Dunia sampai saat ini.

Sungai Nil, Sungai terpanjang di Dunia (6.500 KM)

Proses terbentuknya Sungai 


Keberadaan sungai tidak begitu saja terbentuk melainkan melalui sebuah proses panjang yang merupakan kejadian alam yang sudah ada sejak dahulu kala. Air yang mengalir dari sumber mata air yang terletak di dataran tinggi atau pegunungan secara terus menerus akan mencari jalur atau jalan menuju ketempat yang lebih rendah dan akhirnya bermuara di lautan.

Lalu bagaimana sebuah sungai itu terbentuk? Air yang mengalir melalui permukaan tanah akan mengikis /erosi tanah. Dengan demikian tanah yang dilalui air akan terus terkikis. Semakin deras aliran air dengan debit yang besar, maka, tanah yang ikut terbawa air akan semakin banyak. Dalam hitungan waktu, daerah tersebut akan menjadi sungai dengan panjang dan lebar yang bervariasi.

Tidak semua sungai terbentuk secara alamiah, namun ada juga sungai yang memang sengaja dibuat oleh manusia untuk suatu keperluan tertentu misalnya : Sungai bawah tanah Dommel (Belanda), Fleet (London), Frome (Bristol), Neglinnaya (Moscow), Bievre (Prancis), Castle Frank Brook (Toronto) dll..

Letah Geografis Sungai Nil


Sungai Nil terletak di Benua Afrika, yang melewati tidak kurang dari sembilan negara diantaranya : Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan dan tentu saja Mesir. Sungai Nil memang lebih identik dengan Mesir karena sungai ini memilki nilai sejarah dengan bangsa Mesir.

Peranan sungai Nil sangat penting dalam lahirnya peradaban di sepanjang lembah sungai Nil. Menurut sejarah, ungkapan yang dikemukakan oleh Herodotus bahwa Mesir merupakan hadiah sungai Nil memang tepat adanya mengingat begitu besarnya peranan sungai Nil terhadap Mesir.

Mata air sungai Nil bersumber dari mata air pada dataran tinggi Kilimanjaro (Afrika Timur) dan bermuara di Laut Tengah. Sebenarnya sumber mata air sungai Nil masih dalam perdebatan oleh beberapa pihak, hal itu dikarenakan : Banyak yang sepakat kalau sumber mata air sungai Nil berasal dari danau Victoria yang merupakan danau terbesar di Afrika. Namun dari pengamatan bahwa di sisi utara danau terdapat lubang kecil yang seharusnya merupakan sumber air sungai Nil.

Fakta tersebut kemudian menjadi tidak terlalu kuat untuk dijadikan sumber mata air sungai Nil karena terdapat banyak sungai yang mengalir ke danau Victoria. Akhirnya sungai kagera dan anak sungainya yang disebut ruvubu yang berada di Burundi dianggap sebagai sumber sungai Nil.

Meskipun sebagian besar (sekitar 70%) anak sungai Nil berawal di Ethiopia namun perjanjian era penjajahan di masa lalu menetapkan Mesir dan Sudan berhak sebagian besar volume air sungai Nil.

Sungai memiliki panjang sekitar 6.500 KM dan merupakan sungai terpanjang di dunia mengalahkan panjang sungai Amazon. Wilayah mesir yang dilewati sungai Nil hanya sekitar 22% saja melewati beberapa kota diantaranya : Kairo, Khartoum, Gondokoro, Aswan, Karnak, Thebes, dan Alexandria.

Sungai Nil memiliki dua anak sungai yaitu Nil Putih dan Nil Biru. Dengan volume air terbanyak terdapat di Nil Biru (50% lebih). Sumber air sungai Nil Putih berasal dari danau Victoria sedangkan Nil biru berasal dari danau Tana (Ethiopia). Dinamakan Nil putih karena lumpur yang berwarna keputihan yang terdapat di sungai tersebut. Di Sudan kedua anak sungai ini menyatu dan terus mengarah ke utara.

Fakta fakta Unik mengenai sungai Nil


Menurut sejarah, Nil ikut berperan dalam pembangunan Piramida. Sungai Nil digunakan sebagai jalur lalu-lintas blok batu untuk pembuatan Piramida.

Salah satu penghuni sungai Nil yang cukup terkenal yaitu spesies Buaya yang mematikan (Buaya Nil) yang bertempat tinggal di tepi sungai Nil. Buaya Nil dapat mencapai panjang 6 meter dengan berat 750 Kg. Info National geographic : “buaya Nil bertanggungjawab atas kematian sekitar 200 orang setiap tahun”.Gustave : adalah salah satu buaya yang sering memakan mangsa manusia dan sering mucul meneror penduduk setempat.

Penghuni sungai Nil yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah Kuda Nil. Orang sekitar percaya kalau kuda Nil memiliki kekuatan spiritual dan sering diikutkan dalam acara seni dan agama setempat.

Nama sungai Nil diambil dari kata Semit “Nahal” yang kemudian dinamai 'Neilos' yang berarti Lembah Sungai. Orang mesir memberi julukan sungai Nil sebagai sungai Kehidupan.

Pada zaman dahulu sungai Nil digunakan sebagai jalur perdagangan masyarakat Mesir dengan orang Yunani atau Mesopotamia.

Sungai Nil sering mengalami banjir setiap tahunnya.

Sungai Nil merupakan sungai yang bersih, karena sumber air untuk konsumsi penduduk berasala dari sungai ini. Penduduk sekitar tidak membuang sampah dan kotoran lainnya di sungai Nil, hal ini untuk menjaga kebersihan sungai Nil.

Imam Syafi'i terpesona dengan perasan Tebu Mesir. Seperti ungkapan yang dikatakannya : €œKalau bukan karena perasan tebu, aku tidak akan tinggal di Mesir.

Buah jeruk dan anggur melimpah disana dengan harga yang murah. Hal ini karena lembah sungai Nil yang terkenal dengan kesuburannya.

Al Kindi pernah mengatakan, €Sebagian orang-orang berilmu mengatakan bahwa di dunia tidak ada pohon, kecuali dia dijumpai di Mesir.

Perayaan wafa'an Nil dilakukan penduduk setempat saat air sungai Nil melimpah sebagai wujud syukur.

Nil adalah salah satu sungai surga dimana di mana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, €Nil, Sihan, Jihan, Eufrat dari sungai-sungai surga. (Riwayat Muslim).*

Banyak hal di sungai ini yang manarik dari zaman dahulu hingga sekarang. Keberadaan sungai memang vital bagi penduduk suatu negeri. Maka dari itu kita senantiasa menjaga kelangsungan sungai dengan menjadikannya tetap bersih dan terawat. Sekian-Terima Kasih.

Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Nil
  2. http://www.amazine.co/21758/11-fakta-menarik-tentang-sungai-nil/
  3. http://www.kembangpete.com/2015/04/28/apa-bahaya-bahaya-tersembunyi-yang-ada-di-sungai-nil/
  4. http://www.hidayatullah.com/feature/catatan-dari-mesir/read/2013/12/30/14018/nil-sungai-surga.html

0 komentar