Sumber Energi terbarukan Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau yang memiliki beragam kekayaan alam yang melimpah ruah. Secara geografis indonesia memang negara yang beriklim tropis dan sejuk dengan hutan yang luas serta memiliki aneka macam barang tambang yang melimpah. Namun pemerintah serta warga negara Indonesia belum sepenuhnya memanfaatkan kekayaan ini untuk pemenuhan kebutuhan hidup mereka bahkan pihak asing lebih dominan dalam hal exploitasi kekayaan yang kita punya.

Hal ini menjadi pertanyaan besar mengingat banyaknya potensi muda anak bangsa yang memilki bakat dan kemampuan untuk mengolah kekayaan alam tersebut termasuk sumber energi yang kita punya. Minimnya dorongan pemerintah dalam menunjang tenaga-tenaga ahli dalam negeri untuk mengolah kekayaan alam sendiri serta kurangnya apresiasi terhadap para ilmuwan dan penemu dalam negeri menjadikan banyak pihak asing yang memanfaatkan situasi seperti ini. Oleh karena itu mari, kita sebagai anak muda bangsa Indonesia berkarya dan berprestasi serta memajukan Indonesia dengan menjadi anak muda yang gigih dan tekun dalam mengolah kekayaan alam Indonesia terutama Energi yang terbarukan.

Sumber Energi terbarukan Indonesia

Pengertian Energi Terbarukan


Energi terbarukan mengandung arti “Energi yang memiliki proses yang berkelanjutan” . Dala hal ini bila kita menggunakan energi terbaruka maka, energi tersebut tidak akan habis karena sifatnya yang terus berkelanjutan atau dapat didaur ulang atau sumber energi tersebut dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang relatif singkat. Tidak seperti energi fosil yang memerlukan proses sampai berjuta-juta tahun untuk menghasilkan sumber energi tersebut, namun energi terbarukan dapat kita hasilkan dengan waktu yang lebih singkat bahkan energi terbarukan bisa kita dapatka secara cuma-cuma tanpa melakukan tindakan produksi atau pembuatan secara intensif misalnya : Angin.

Perbedaan Energi Terbarukan dan Tidak terbarukan



Energi Tebarukan

Energi tak Terbarukan

Tidak pernah habis

Bisa habis dan butuh waktu lama untuk memperolehnya kembali

Bersumber dari alam selain fosil

Bersumber dari fosil

Sebagain tidak menimbulkan polusi udara

Menimbulkan polusi udara
Dapat diproduksi sendiri (perseorangan)

Diproduksi oleh Perusahaan Negara dan swasta

Sebagian didapatkan secara cuma-cuma, sebagian memiliki harga yang relatif murah

Memiliki nilai komersil yang tinggi

Sebagian besar untuk penggerak mesin dengan kapasitas daya ringan

Sebagaian besar untuk penggerak mesin dengan kapasitas daya besar

Jenis Energi Terbarukan


Sebenarnya banyak sekali energi yang ada disekitar kita, entah apa itu bentuknya meskipun dengan kapasitas daya yang ringan. Mungkin Energi gaya tarik bumi atau Gravitasi merupakan energi paling populer dikalangan masyarakat. Hampir semua orang yang pernah bersekolah pasti tahu energi gravitasi.

1. Energi Matahari


Energi yang dapat dimanfaatkan dari Matahari adalah Panas Matahari dan Cahaya Matahari. Aplikasi dari pemanfaatan Energi Matahari tersebut diantaranya : Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari, Kalkulator dengan daya / power sinar matahari, Pemanas air, Pemanas Ruangan, Pendingin Ruangan dll..

2. Energi Angin


Angin merupakan udara yang bergerak, dengan gaya gerak tersebut dapat menghasilkan daya untuk dimanfaatkan antara lain : Pembangkit Listrik dengan Kincir Angin, Penggerak Kapal Layar, Terjun Payung, Paralayang, Gantole, Distribusi air menggunakan kincir Angin, Relaksasi tubuh (saat terkena angin tubuh menerima energi yang dapat menghasilkan badan lebih segar dan rileks terutama saat cuaca panas), Menentukan Arah Angin, Peggunaan prinsip Aerodinamik (untuk pembuatan pesawat/mobil/rudal dll..), Pendingin Mesin, Bermain layang-layang dan masih banyak lagi.

Angin merupakan energi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya karena. sifatnya yang mudah untuk didapatkan dan tidak pernah habis. Bahkan didalam ruang yang sempit dan dalam kondisi yang sulitpun kita masih bisa memperoleh angin.

3. Energi Air


Air merupakan sumber kehidupan yang tidak akan pernah lepas dari hari-hari kita. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air dan semua mahluk hidup bermula dari air. Tanpa air kita akan mati dan tanpa air bumi ini akan gersang tak punya kehidupan wahhh...besar sekali manfaar air ini buat kita ya. Sudah sepantasnya kita bersyukur kepada Alloh SWT yang telah memberikan karunianya kepada kita dengan adanya air ini.

Pemanfaatan air yang berkaitan dengan Energi antara lain : Pembangkit Listrik Tenaga Air, Prasarana lalu lintas air, Penggerak Mesin dengan Kincir Air dll...

3. Energi Panas Bumi


Kekayaan alam yang satu ini banyak terdapat di Indonesia salah satunya yaitu Gunung Berapi. Panas bumi dapat dimanfaatkan energi panasnya untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Karena proses ini membutuhkan biaya yang mahal, pemanfaatan Energi Panas Bumi sebagaian besar dikuasai Perusahaan Negara, Swasta dan Asing. Masyarakat luas belum dapat menggunakan Panas Bumi secara maksimal. Mungkin suatu hari nanti kita dapat mengolah energi yang satu ini dengan lebih mudah dan biaya yang relatif murah dan selanjutnya dapat digunakan oleh masyarakat luas. Anda tertantang? Just do it. 

4. Energi Gelombang Air Laut


Gerakan air laut yang menghasilkan gelombang merupakan sumber energi gerak yang dapat kita manfaatkan untuk membuat pembangkit listrik (PLTGL).

5. Energi Bahan Bakar Nabati


Bahan bakar Nabati (BBN) merupakan energi yang bersumber dari kekayaan alam Nabati misalnya : Sawit, Jagung, Singkong, Tebu, Jarak dll...

Hasil olahan bahan-bahan tersebut dinamakan Biofuel diantaranya : Bioetanol, Biobutanol dll..

Itulah beberapa contoh Energi terbarukan yang dapat di temui disekitar lingkungan kita. Masih banyak sumber-sumber Energi lain yang belum dimanfaatkan secara maksimal dan banyak yang belum diolah dengan baik. Dengan terus berkembangannya ilmu dan teknologi penerapan Energi terbarukan, diharapkan mampu meningkatkan produksi energi terutama di Indonesia bahkan Dunia. Sekian-Terima kasih

0 komentar