Danau terindah Dunia dan Indonesia

Negara Indonesia memang memiliki banyak Danau yang tersebar di seluruh bumi Nusantara. Danau banyak dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi, sumber air, sumber pencaharian masyarakat sekitar Danau dan juga sebagai tempat bermain yang mengasyikan.

Danau merupakan cekungan besar dipermukaan bumi yang digenangi oleh air, bisa air tawar maupun air asin yang seluruh cekungan tersebut di kelilingi oleh daratan. Danau juga mempunyai pengertian : Sejumlah air (tawar dan asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas yang terjadi karena mencairnya gletser, adanya aliran sungai dan mata air.

Jenis Danau berdasarkan Proses Terjadinya


Danau Tektonik


Danau yang terbentuk karena penurunan muka bumi karena pergeseran / patahan

Danau Vulkanik


Danau yang terbentuk karena adanya aktivitas Vulkanisme / Gunung Berapi

Danau Tektovulkanik


Danau yang terbentuk karena adanya aktivitas Tektonik dan Vulkanik

Danau Bendungan Alami


Danau yang terbentuk akibat lembah sungai terbendung oleh aliran LARVA saat erupsi terjadi.

Danau Karst


Danau yang terbentuk akibat pelarutan Tanah Kapur

Danau Glasial


Danau yang terbentuk akibat keringnya daerah es (mencairnya es) yang kemudian terisi oleh air.

Danau Buatan


Danau yang terbentuk akibat aktivitas manusia.

Info Menarik Seputar Danau


  • Danau terbesar di dunia adalah Danau Laut Kaspia yang memiliki luas permukaan 394.299 km2.
  • Danau air tawar Terbesar ( danau terbesar kedua ) adalah Danau Superior dengan luas permukaan 82.414 km2.
  • Danau terdalam di dunia adalah Danau Baikal di Siberia dengan kedalaman 1.741 meter (5.712 kaki)
  • Danau paling tinggi di Dunia ( yang terdeteksi ) adalah Danau Titicaca dengan ketinggian 3.821 meter diatas permukaan air laut. Danau ini juga merupakan danau terbesar kedua di Amerika Selatan.
  • Danau terendah di dunia adalah Laut Mati pada 396 meter (1.302 kaki) dibawah permukaan laut dan merupakan Danau dengan tingkat konsentrasi garam yang paling tinggi.
  • Pulau terbesar yang terletak ditengah Danau air tawar adalah Pulau Manitoulin di Danau Huron dengan luas permukaan 2.766 km2.
  • Danau terbesar yang terletak di dalam sebuah pulau adalah Danau Nettiling di Pulau Baffin.
  • Danau TOBA yang terletak di Sumatra kemungkinan berada di kawah Gunung berapi Pasif terbesar di Dunia.

Danau Paling Indah di Dunia


1. Danau Plivitce – Kroasia 


Merupakan bentuk danau yang memiliki danau utama dan danau – danau kecil di sekililingnya. Selain itu terdapat juga air terjun yang terhubung langsung ke danau semakin menambah keindahan panorama alam the Plivitce lakes , tak heran jika masyarakat Krosaia banyak yang menjadikan danau ini sebagai tujuan objek wisata. Danau yang indah dan alami ini terpilih sebagai salah satu warisan dunia UNESCO.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

2. Danau Yucatan – Meksiko


Danau yang satu ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Pemandangan yang sejuk disekitar danau sangat memanjakan mata kita. Membuat kita betah berlama-lama disana, apalagi objek GOA kapur yang terdapat di sekitar danau dapat menjadi sisi menarik untuk kita kunjungi. Bagi para petualang / traveller Danau ini akan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan karena banyak objek yang bisa di kunjungi.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

3. Danau Baikal – Rusia 

 

Danau Baikal merupakan danau tertua dan terbesar diseluruh Dunia, dan tidak ada yang dapat menandingi keindahannya selama musim panas dingin ketika danau tersebut membeku dan kemudian perlahan-lahan mulai mencair. Danau Baikal ini adalah keajaiban alam yang usianya sepuluh kali lebih tua dari danau Yucatan, dan hal ini tentunya membuatnya sangat layak untuk dinikmati serta dilestarikan keindahannya.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

4. Danau Reed Flute – China


Hampir sama dengan Danau Yucatan, Danau Reed juga memiliki objek GOA disekitar danau. Hanya saja goa-goa di danau Reed dapat memancarkan cahaya yang sangat indah. Penasaran? Datang saja ke Danau Reed di China.
 

Danau terindah Dunia dan Indonesia

5. Danau Peyto – Kanada


Berbeda dari danau-danau yang lain, danau Peyto memiliki panorama alamiah yang menakjubkan. Salah satu yang menarik disini adalah air danau yang dapat berubah warna sesuai dengan musim / iklim di Kanada.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

6. Danau Pink – Australia


Sesuai namanya, danau ini memiliki air dengan PINK, hal ini terjadi karena adanya ganggang yang hidup di danau tersebut dalam jumlah yang banyak.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

7. Danau Malawi – Afrika


Danau Malawi merupakan danau yang masih sangat alamiah dan terjaga kelestarian alamnya. Disana terdapat banyak spesies ikan yang hidup dan terus di jaga keutuhannya. Sangat cocok bagi para penyelam yang ingin bersiwata melihat keindahan berbagai spesies di danau tersebut.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

8. Danau Melissani – Yunani


Danau ini memiliki objek goa-goa dan hutan yang masih alamiah. Keindahan alam di sekitar danau menjadikan daya tarik wisata Danau Melissani yang merupakan tujuan wisata bagi masyarakat Yunani.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

9. Danau Tekapo – Selandia Baru


Danau ini terletak di atas permukaan air laut. Panorama alam yang indah menjadikan objek yang menarik dan langka untuk bisa kita lihat di danau lainnya.

Danau terindah Dunia dan Indonesia
 

10. Danau Tahoe – Amerika Serikat


Danau dengan panorama pegunungan disekitar danau nan indah dan alami ini terdapat di Amerika Serikat. Sangat disayangkan bila kita berkunjung ke Amerika Serikat tanpa berwisata ke Danau ini.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

Danau Paling Indah di Indonesia


1. Danau Satonda – NTB (Satonda)


Keindahan danau ini merupakan salah satu yang paling unik dengan adanya lingkungan yang menyerupai lautan Purba, hal ini ditandai dengan adanya Stromatolit di Satonda. Kadar garam air Danau Satonda juga lebih tinggi dari kadar garam air Laut.

Stromatolit merupakan bakteri yang hidup dalam lingkungan ekstrem yang muncul pada Zaman Kambrium. Danau satonda menjadi satu-satunya tempat di bumi ini yang sempurna bagi stromatolit ini untuk berkembang pada masa ini.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

2. Danau Merah PagarAlam – Bengkulu 


Sesuai namanya, danau ini mempunyai air yang berwarna merah berkilauan. Hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk melihat panorama alam danau yang indah sekaligus melihat keindahan warna air danau yang unik tidak seperti biasanya. Namun ketika air diambil dengan tangan dan diangkat ke permukaan warnanya menjadi bening seperti air biasa. Kebanyakan warna air ditentukan oleh biota yang hidup di lingkungan tersebut seperti ganggang / algae.

Penasaran dengan Danau yang satu ini? Silahkan berkunjung kesana untuk berwisata di saat liburan Anda. Danau ini terletak di sekitar perbukitan Raje Mandare perbatasan antara Kota Pagaralam dan Kaur, Provinsi Bengkulu.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

3. Danau Kelimutu – NTT 


Danau Kelimutu merupakan gabungan tiga danau yang masing – masing mempunyai warna yang berbeda – beda. Yang menjadikan danau ini menarik adalah warna air danau yang dapat berubah – ubah setiap saat dari warna coklat, hitam hingga kekuningan.

Bila Anda tertarik, dapat berwisata ke danau ini yang terletak di puncak Taman Nasional Kelimutu,Pulau Flores, Provinsi NTT.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

4. Danau Labuan Cermin – Kalimantan Timur


Danau yang memiliki air campuran yaitu tawar dan asin ini membuat banyak wisatawan yang ingin melihatnya langsung. Air tawar menempati permukaan danau, sementara air laut berada dibawah air tawar dan keduanya tidak bercampur.

Adanya dua jenis air di danau ini membuat kita bisa menemukan Ikan air tawar yang hidup di permukaan sedangkan di bagian bawahnya ada ikan-ikan yang sering di jumpai di laut. Danau ini diberi nama Labuan Cermin karena airnya jernih sekali sehingga kita bisa bercermin di atasnya.

Danau ini terletak di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

5. Danau Kakaban – Kalimantan Timur


Danau Kakaban terletak di tengah Pulau Kakaban, Berau, Kalimantan Timur. Danau ini merupakan danau prasejarah dengan air laut yang terperangkap di dalamnya sejak 2 juta tahun silam.

Danau Kakaban sangat unik karena merupakan danau air payau dengan biota yang mengalami evolusi selama puluhan ribu tahun sehingga memiliki sifat dan tampilan fisik yang berbeda dengan spesies sejenisnya di laut. Di dalam Danau Kakaban tersebut terdapat ratusan ubur-ubur yang tidak menyengat. Selain itu terdapat berbagai jenis hewan yang hanya terdapat di danau itu.

Danau terindah Dunia dan Indonesia

Indahnya alam Indonesia yang merupakan anugerah sang pencipta sudah sepantasnya kita menjaga kelestariannya hingga akhir nanti.

Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Danau
  2. http://www.top10magz.com/10-danau-alami-paling-indah-di-dunia/
  3. http://101jakfm.com/details/3260/yuk-liburan-ke-5-danau-terindah-di-indonesia-

0 komentar