Mouse Komputer Sejarah dan Perkembangannya

Mouse Komputer Sejarah dan Perkembangannya - Berbicara soal mouse tidak akan lepas dari yang namanya Kursor. Yup, mouse ini fungsinya untuk menggerakan kursor. Mouse dalam bahasa Indonesia yang sesungguhnya adalah tikus. Namun agar pengguna komputer tidak salah mengartikannya, maka mouse komputer disebut dengan tetikus. Sebagian pengguna komputer tidak perduli kenapa mouse disebut dengan tetikus. Maksudnya seperti ini, kenapa perangkat yang satu ini disamakan dengan tikus? Sebenarnya ada alasan khusus. Salah satunya adalah bentuk mouse itu sendiri. Coba di lihat secara baik-baik, mouse tersebut mirip sekali dengan tikus secara bentuk, dan lincah lari kursornya bagaikan tikus.

Mouse Komputer Sejarah dan Perkembangannya | artikel unik dan menarik

Sejarah


Mouse pertama kali diperkenalkan oleh Douglas Engelbart, seorang peneliti dari Stanford Research Institute, pada tahun 1963. Saat itu fisik mouse masih jauh berbeda dengan mouse yang saat ini kita kenal. Mouse pertama dibuat menggunakan bahan dari balok kayu dan menggunakan dua gerigi roda dari logam yang posisinya tegak lurus satu sama lain, serta sebuah tombol berupa sebuah lampu berwarna merah di sisinya. Dan pada 17 November 1970, Engelbart mendapatkan hak paten atas mouse ciptaannya tersebut.

Mouse besutan Engelbart sebenarnya bukan merupakan pointing device pertama yang dibuat. Pointing device pertama yang sebenarnya adalah sebuah trackball yang ditemukan pada tahun 1953 oleh Tom Cranston. Tidak diketahui dengan pasti dari mana dan mengapa penggunaan nama ‘mouse’ digunakan. Namun banyak yang menyebutkan bahwa penamaan tersebut disesuaikan dengan fisiknya yang memiliki ekor.

Mouse Komputer Sejarah dan Perkembangannya | artikel unik dan menarik

XeroxMouse


XeroxMouse dioperasikan dengan menghubungkan ke komputer dan ditampilkan di layar merupakan ide dari Bill English, seorang kolega Douglas Engelbart. Bill English pula yang menyempurnakan bentuk mouse dan menciptakan prototipe pertamanya. Pada tahun 1972, saat English bekerja untuk Xerox, ia dan Jack Hawley beserta tim risetnya mendisain ulang mouse karya Engelbart dan menambahkan beberapa fitur baru. Yang paling menonjol yaitu mengganti sistem dua gerigi roda dari logam kecil, dengan sebuah bola yang dapat berputar ke segala arah. Tombolnya pun ditambah menjadi dua. Perubahan lainnya dengan melakukan perbaikan sistem interaksinya dengan komputer.

Meski desain dari Bill English sudah mengalami banyak perbaikan dan perubahan, Xerox membutuhkan waktu sekitar 9 tahun untuk benar-benar membuat mouse mampu berfungsi dengan baik dan menyempurnakan proses manufaktur agar layak dilihat dari sudut pandang proses biaya pembuatannya. Dan barulah pada tahun 1981, Xerox mulai memproduksi secara masal mouse yang dijual secara paket dengan produk komputernya yaitu Xerox 8010 Star Information System. Hanya saja saat itu komputer besutan Xerox tersebut dijual dengan harga tinggi sekitar US$20.000 yang membuatnya kurang diminati. Dampaknya, mouse-pun jadi kurang populer.

AppleMouse


Steve Jobs sedang mencari sebuah perangkat inovatif untuk produk Apple-nya. Dan mouse dianggap merupakan perangkat yang tepat dan menarik. Steve Jobs pun menugaskan perusahaan desain, Hovey-Kelley, untuk membuat mouse yang lebih murah, bisa diproduksi masal, dan handal. Hasilnya, Apple berhasil menciptakan komputer dengan nama Lisa yang dilengkapi dengan mouse rancangan mereka dan dipasarkan pada tahun 1983. Komponen utama mouse yang digunakan yaitu encoder roda optik yang merupakan sebuah bola pelacak yang bebas bergerak, dan hanya menggunakan satu tombol, yang hingga saat ini merupakan ciri khas dari mouse buatan Apple. Setahun kemudian. Apple kembali menghadirkan perangkat yang didisain ulang untuk menemani sistem komputer Macintosh.

Perkembangan dari waktu ke waktu


Tahun 1981 Richard Lyon yang bekerja di Xerox PARC menemukan mouse optik pertama tahun 1981. Pada tahun berikutnya Steve Kirsch mengembangkan mouse optik yang membutuhkan bantuan mousepad khusus, sebuah bantalan untuk mendeteksi sensor dalam melakukan pergerakan. Bahkan Kirsch pula yang mendirikan perusahaan yang menjual mouse optik dengan nama Mouse System. Namun produknya gagal karena harganya yang masih mahal.

Tahun 1981 juga ditandai dengan berdirinya perusahaan Logitech di Swiss yang hingga saat ini menjadi pemain utama dalam menghadirkan perangkat mouse. Model pertamanya, yaitu P4, dirancang oleh Jean-Daniel Nicoud dan dipasarkan pada tahun 1982.

Tahun 1983, Microsoft menghadirkan mouse pertama buatannya yang dijual dengan harga kisaran US$195. Mouse tersebut menggunakan dua tombol dan membutuhkan kartu ekspansi tambahan untuk menghubungkannya ke komputer. Tidak lama kemudian, mouse tersebut disempurnakan dan menggunakan port serial yang sudah terdapat pada komputer.

Tahun 1984, Logitech memperkenalkan mouse tanpa kabel yang pertama di dunia. Teknologi yang digunakan masih menggunakan teknologi infra merah dan membutuhkan sebuah alat receiver yang mesti dipasang pada komputer.

Tahun 1987, IBM memperkenalkan perangkat komputernya yang dilengkapi dengan mouse dan keyboard menggunakan koneksi PS/2. Sebelumnya mouse menggunakan konektor 5-pin dan 6-pin. Akhirnya koneksi PS/2 menjadi lebih populer dikarenakan mampu menghasilkan koneksi yang lebih baik.

Tahun 1995, mouse pertama yang menggunakan scroll wheel dihadirkan oleh Mouse System dengan nama ProAgio. Namun produk ini tidak diketahui perkembangannya. Hingga setahun kemudian, Microsoft menggunakan teknologi ini pada mouse terbarunya.

Tahun 1998, Apple menghadirkan Apple USB Mouse yang merupakan mouse pertama menggunakan koneksi USB. Hanya saja, fisiknya yang bulat membuatnya tidak nyaman digunakan sehingga produk ini kembali gagal. Namun koneksi USB yang digunakannya mulai banyak diadopsi oleh produsen lain.

Tahun 1998, Sun Microsystems berhasil menyempurnakan mouse menggunakan sensor laser yang awalnya diperuntukkan bagi komputernya, Sun SPARC Station server dan workstation.

Tahun 1999, Agilent Technologies mampu mengembangkan sensor optik pertama yang bekerja tanpa menggunakan bantalan khusus. Solusi ini langsung diadopsi oleh beberapa produsen besar seperti Microsoft, Apple, hingga Logitech.

Tahun 2004, mouse Logitech MX1000 yang dikembangkan bersama dengan Agilent Technologies, mampu membawa mouse berteknologi laser menjadi perangkat populer yang menggantikan teknologi lampu LED.

Tahun 2008, Microsoft menciptakan inovasi dengan menghadirkan BlueTrack yang menggunakan elemen dari teknologi laser dan optik. Penggabungan dua teknologi ini memungkinkan mouse bisa digunakan pada berbagai jenis permukaan.

Mouse berdasarkan Jenis port :


Mouse Serial


Mouse yang sudah jarang dipakai oleh masyarakat umum. Biasanya mouse ini digunakan pada komputer Pentium 1 dan Pentium 2.

Mouse PS/2


Mouse yang digunakan pada komputer Pentium 3 dan Pentium 4.

Mouse USB


Mouse yang sudah umum digunakan oleh masyarakat luas. Digunakan pada komputer Pentium 3 dan Pantium 4.

Mouse Wirelless


Mouse terbaru tanpa kabel. Kini Mouse Wireless sudah meluas dikalangan masyarakat.

Jenis Mouse berdasarkan Sensor yang digunakan :


Mouse mekanik, yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet/logam di sisi bawah mouse yang dapat berputar kesemua arah. Sensor mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada layar sesuai arah tersebut.

Mouse optomekanik, sama dengan mouse mekanik tetapi menambahkan sensor optik untuk mendeteksi gerakan dari bola mouse.

Mouse optik, menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode) untuk mendeteksi pergerakan mouse.

Mouse Komputer Sejarah dan Perkembangannya | artikel unik dan menarik
Berbagai macam Mouse Komputer

Referensi :
  1. http://wiwitwahyudi.blogspot.com/

Sumber Gambar : Google search

0 komentar