Mengapa Langit Berwarna Merah Di Pagi Dan Sore Hari

Mungkin kita sering bertanya,  Mengapa Langit Berwarna Merah Di Pagi Dan Sore Hari? Atau bisa juga kita akan bertanya seperti ini, Mengapa Langit Berwarna Biru Pada Siang Hari dan Hitam pada Malam Hari?

Jawaban paling mudah adalah karena adanya pancaran cahaya matahari pada pagi, siang dan sore , sementara pada malam hari, tidak ada pancaran cahaya matahari. Memang benar sekali, warna pada langit ditimbulkan dari adanya cahaya matahari. Baik itu pada Pagi, Siang dan Sore hari, warna cahaya akan berubah-ubah sesuai dengan kondisi atmosfer bumi dan posisi matahari.

Kapan kita menikmati indahnya warna langit ? Paling banyak dari mereka yang suka menikmati warna langit yaitu pada pagi dan sore hari. Selain warnanya yang indah, cahaya matahari juga tidak terlalu terang sehingga tidak mengganggu penglihatan kita.

Warna langit pada pagi dan sore hari cenderung akan berwarna Merah, bisa Merah Muda, Merah Tua, sedikit Kekuningan atau Oranye dengan gradasi warna yang indah. Warna langit saat matahari terbit dan tenggelam memang sangat mempesona. Peristiwa seperti ini menjadi salah satu pemandangan alam yang menakjubkan yang hanya dapat kita lihat saat Pagi dan Sore hari.

Mengapa Langit Berwarna Merah Di Pagi Dan Sore Hari
Sumber Gambar : pixabay.com 

Warna Pada Langit


Warna pada langit disebabkan oleh pancaran cahaya matahari yang sampai ke bumi. Cahaya matahari memiliki beberapa jenis warna yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu (mejikuhibiniu).

Cahaya yang dipancarkan matahari ke bumi dihalangi oleh atmosfer bumi. Dengan kata lain, warna cahaya yang mejikuhibiniu tersebut akan dihamburkan oleh partikel yang ada di atmosfer bumi.  Warna langit yang kita lihat merupakan warna cahaya matahari yang sampai ke bumi dan penglihatan kita. Beberapa warna akan mendominasi, warna dominan inilah yang kita lihat.

Dalam posisi tertentu, ada warna cahaya matahari yang tidak sampai ke bumi. Hal ini dikarenakan karakteristik dari warna tersebut, ada warna cahaya yang memiliki gelombang panjang ada juga yang pendek.

Maka dari itulah mengapa langit sering berubah-ubah warna, baik itu pada pagi, siang atau sore hari. Kondisi atmosfer bumi sangat berpengaruh terhadap warna langit. Karena, partikel yang ada di dalam atmosfer seperti misalnya : Nitrogan, Oksigen, dll akan menghamburkan cahaya matahari yang menuju bumi.

Warna Langit Merah Di Pagi Dan Sore Hari


Saat matahari terbit dan tenggelam, posisi matahari tegak lurus dengan bumi. Dalam posisi tersebut, jarak lintasan cahaya matahari ke atmosfer bumi (pandangan mata) lebih jauh daripada siang hari. Maka dari itu, warna cahaya dengan gelombang panjang saja yang akan sampai ke bumi. Dalam hal ini warna merah akan mendominasi karena memiliki gelombang yang lebih panjang.

Warna cahaya matahari dapat kita kelompokan ke dalam jenis warna yang memiliki gelombang panjang dan gelombang pendek. Warna-warna seperti : Merah, Jingga dan Kuning merupakan jenis warna yang memiliki Gelombang Panjang. Sedangkan warna-warna seperti : Hijau, Biru, Nila dan Ungu merupakan jenis warna yang memiliki Gelombang Pendek.

Pada sore dan pagi hari, warna-warna Merah, Jingga dan Kuning akan membias di atmosfer dan sampai ke penglihatan kita. Sementara warna-warna dengan gelombang pendek (Hijau, Biru, Nila dan Ungu) tidak sampai ke penglihatan kita. Warna-warna yang sampai ke bumi dan penglihatan kita akan membentuk gradasi warna yang indah, tergantung kondisi atmosfer bumi atau cuaca.

Itulah uraian singkat Mengapa Langit Berwarna Merah Di Pagi Dan Sore Hari. Demikian, semoga bermanfaat.

Referensi:
  1. https://www.antvklik.com/lifestyle/kenapa-langit-berwarna-merah-menjelang-sore-hari-ini

0 komentar