Museum Seni Bawah Laut Pertama Di Amerika Serikat (UMA)

Untuk pertama kalinya, akan dibuka Museum Seni Bawah Laut di Amerika Serikat. Bagian bawah teluk Meksiko, dipilih sebagai tempat yang cocok untuk dijadikan tempat kreasi seni museum bawah laut. Lokasi ini terletak sekitar tiga perempat mil dari Florida, rencananya museum seni bawah laut pertama Amerika Serikat ini akan mulai dibuka pada akhir Juni 2018.

Seperti yang terdapat di dekat Cancun dan Museo Atlantico Lanzarote di Kepulauan Canary, anda dapat menimati pengalaman menyelam yang menakjubkan dengan adanya museum seni bawah laut ini, terutama untuk Scuba Divers. Dalam kondisi yang cerah dan bersih, Snorkellers dapat menikmati pemandangan bawah laut yang dihiasi dengan tujuh (7) patung pada kedalaman 60 kaki.

Museum Seni Bawah Laut Pertama Di Amerika Serikat (UMA)
Museum Bawah Laut Cancun - Sumber Gambar : nationalgeographic.com

Museum Seni Bawah Laut Pertama Di Amerika Serikat (UMA)


Sebuah ruang publik yang dapat dikunjungi tanpa perlu mengeluarkan biaya masuk ini merupakan kolaborasi antara Aliansi Seni Budaya Walton County (CCA) dan Asosiasi Karang Buatan Walton Selatan (SWARA). Dengan dukungan dari Walton County Tourist Development Council dan National Endowment for the Arts, kreasi yang bertumpu di dasar teluk Mexico ini menyertakan penghormatan untuk “Jacques Cousteau’s Aqua-lung, a hollow pineapple, a skull, and an anamorphous octopus”. Semuanya dirancang untuk memfasilitasi dan mendorong integrasi kehidupan laut seperti pertumbuhan karang, sekolah ikan, dan tiram embrionik.

Pahatan patung dari Museum Seni Bawah Laut Pertama Di Amerika Serikat atau disebut dengan UMA  (Underwater Museum of Art) dibuat dengan menggunakan beton dengan berat sekitar 3.000 hingga 5.000 pon, tidak mengandung bahan plastik atau bahan beracun lainnya.

Potongan-potongan pahatan patung seni tersebut akan diturunkan secara perlahan menggunakan Crane saat cuaca dan air dalam kondisi yang baik (cerah dan bersih).  Segera setelah proses pemasangan selesai, museum akan dibuka untuk dipamerkan ke khalayak umum.

Dengan adanya museum seni bawah laut tersebut, tentu akan menambah suasana dan pemandangan alam baru di bawah laut. Bila anda melihat pemandangan alam bawah laut dengan kehidupan biota laut yang berkumpul disekitar struktur (objek/museum), tentu anda akan memberikan appresiasi terhadap apa yang anda lihat, itulah yang diungkapkan oleh McAlexander, presiden dewan direksi SWARA.

Inspirasi pembuatan museum seni bawah laut ini datang ke anggota dewan CCA dan seniman Allison Wickey, yang pada tahun 2017 melakukan Snorkeling untuk terumbu karang mirip kura-kura buatan SWARA sebagai ajang promosi keanekaragaman satwa laut sekaligus meningkatkan ekowisata berkelanjutan.

Ide pembuatan museum seni bawah laut ini disambut baik oleh berbagai pihak, termasuk masyarakat umum yang mendengar projek pembuatan museum seni tersebut. Dengan hadirnya Museum Seni Bawah Laut Pertama Di Amerika Serikat ini, harapannya akan membawa dampak yang positif terhadap ekosistem dan biota laut didalamnya, sekaligus sebagai ajang wisata bagi para penyelam.

Demikian, Semoga bermanfaat.

Sumber :
Artikel : Diterjemahkan secara bebas dari "https://www.nationalgeographic.com/travel/destinations/north-america/united-states/florida/things-to-do-grayton-beach-underwater-museum/"

Gambar : nationalgeographic.com, photografer - Louis Javier Sandoval

0 komentar